Belajar Literasi
@Mutbun
19 Muharram 1439 H
.
Literasi >> bukan sekedar baca & tulis, tapi untuk zaman sekarang juga melek (sadar) informasi.
.
Literasi Informasi & Literasi Media
Bpk. Yunus Winoto
Begitu cepat berita menyebar di medsos >> kebenarannya belum pasti >> harus cek ricek lagi.
Buku = jendela dunia.
Internet = pintu yg akan mengantarkan orang kemanapun dia suka.
PERMASALAHANNYA:
Mampukah kita menahan langkah kita agar pergi ke tempat yg tepat, benar, & baik saja?
Masyarakat informasi: peradaban dimana informasi sudah menjadi komoditas utama & interaksi antar manusia sudah berbasis teknologi informasi & komunikasi.
Sekarang kita sudah bergerak ke arah masyarakat informasi. Buktinya bahkan di daerah2 pelosok, setiap anak muda sudah memiliki hp.
Tapi...apakah kepemilikan hp sudah dibarengi dg rasa tanggung jawab?
Kemudahan ini selain ada manfaatnya juga muncul kebingungan >> mana sumber yg terpercaya & terjamin kebenarannya.
Derasnya arus informasi >> konsekuensi dari perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi. Maka masyarakat harus kritis thd informasi2 tsb.
Literasi informasi
>> kemampuan seseorang untuk menyadari kapan informasi itu diperlukan, menganalisisnya, & menggunakannya secara efektif.
Pentingnya literasi informasi bagi siswa!
Optimal memanfaatkan sumber informasi dg baik & benar
Menjadi orang yg kritis dan bertanggung jawab dlm menggunakan informasi
PLAGIARISME
Dicek menggunakan similiarity & sitasi.
Similiarity dilihat korelasi antara yg dikutip dg yg di daftar pustaka.
Ada rumusnya = sumber yg dikutip dibagi sumber yg ada di daftar pustaka ditambah sumber yg ada di daftar pustaka tapi tidak ada di kutipan ditambah ada di kutipan tapi ga ada di daftar pustaka.
Nanti hasilnya akan muncul warna, kalo hijau (hanya 20% yg) artinya patut dipublikasikan.
Upaya pemerintah dalam menumbuhkan budaya literasi di sekolah adalah program GLS (Gerakan Literasi Sekolah).
Model Literasi Informasi
E8 (Empowering Eight)
Identify: topik/subjek, saran audiens, format yg relevan
Explore: sumber info yg sesuai topik
Select: seleksi & rekam info yg relevan, kumpulkan kutipan yg sesuai
Organise: evalusi & susun dg logis, cek fakta/opini, cek kevalidannya
Create: susun naskah, edit, buat daftar pustaka
Present: penyebaran info, display informasi
Assess: output berdasarkan masukan org lain
Apply: penerapan masukan, pengalaman yg diperoleh u kegiatan yg akan datang
Apa itu LITERASI MEDIA?
>> kemampuan untuk mengakses, menyaring dan menganalisis informasi dlm kehidupan sehari-hari.
>> kemampuan berpikir kritis untuk menghadapi dampak dari media, video/musik, & internet.
Bijaklah menggunakan internet
Salah satu cara untuk mengajari anak literasi media adalah memberi batasan sumber2 web saat memberi tugas, jadi agar anak lebih terarah juga pencarian informasinya, dan diberi penjelasan kenapa web2 itu yg digunakan (misal karena lebih terpercaya sumbernya).
.
.
.
Literasi Media
Bpk. Andri Y. (Program Studi Ilmu Perpustakaan - Fikom UNPAD)
Salah satu bentuk kegiatan literasi di sekolah >> library time.
Usahakan di library ada fasilitas anak2 bisa mencari informasi via internet (diarahkan ke sumber-sumber terpercaya) >> melatih anak2 agar berpikir kritis.
Pencarian di internet:
Jelas penulis/sumbernya
Informasi dapat dipertanggungjawabkan
Sesuai kebutuhan
Tujuan literasi media:
Bagaimana menciptakan masyarakat agar bisa belajar sepanjang hayat.
Literasi media berawal dari masalah (tugas2) >> solusi (jawaban atas tugas2).
Salah satu sumber jurnal2=
Ada beberapa media yg sengaja menyebarkan berita dg judul bombastis >> bisa jadi informasinya hoax!
Google tips
Agar pencariannya semakin presisi & tidak terdistraksi >>
Kata kunci, gunakan kata benda bukan kata kerja
Gunakan kutip, misal "pendidikan karakter"
Gunakan site, misal pendidikan karakter :pikiran-rakyat.com
Gunakan file type, misal .pdf, .ppt, .mp3, dll
Gunakan tanda strip, misal -media (untuk menghilangkan yg sumber dari media)
Explore lebih jauh di advance search
Gunakan kebolehan logika, dg kata: and, min/not
Agama kita juga sudah mengajarkan untuk kuat dalam mencari rujukan. Harus jelas sumbernya, al-Qur'an dan sunnah.
Artikel/Publikasi Ilmiah - Sitasi - Plagiarisme
Etis dan legal
Penulisan ilmiah
Introduction (why) >> Methods (how) >> Results >> Discussion/Conclusion >> References
Sitasi
Cara memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari tulisan kita berasal dari penulis lain.
Ada aplikasi sitasi (reference management software):
Mendeley
Zotero
BibMi
EndNote
Plagiarisme
Mengcopy/membuat imitasi tanda ada izin dari pembuat karya.
Ada web untuk mengecek apakah seseorang plagiat atau tidak (syarat: file dalam bentuk digital) >> Plagiarism checker.
Web untuk cek plagiarsm >> PDS (plagiarsm detection software), duplichecker, turnitin.
Tapi jangan cepat2 mencap seseorang plagiat, itu menunjukkan similiarity jika mencantumkan sumbernya >> tabayyun dulu, cek mungkin dia cantumkan sumbernya.
Literasi itu ada macam2, misalnya:
Digital literasi
Visual literasi
Media literacy= the ability to access, analyze, evaluate, and create media. (medialiteracyproject.org)
Tips bijak menyeleksi berita:
Kenali reputasi media >> kredibel & akurat, misal ada media yg suka menutup2i berita sebenernya, ada media yg suka membombastiskan berita.
Sumber informasi >> misal percaya mana harga cabe yg diberitakan dari menteri yg sedang berada di kantor atau pedagang yg berada di pasar induk? jangan lihat jabatan, jelas ga sumbernya, layak dipercaya.
Mengenali pemilik media >> cek di internet perusahan media tersebut punya perusahaan lain apa.
Keberimbangan >> dapat informasi dari banyak versi shg teruji kebenarannya dan tidak berat sebelah yaa...
Media (sering kali) menggiring opini pembaca/pendengar.
Framing menghasilkan citra, kesan, makna tertentu yg diinginkan media.
Metode framing:
Cover both sides tapi tidak keberimbangan, jadi hanya salah satu pihak yg ditonjolkan.
Kode etik ditaati tapi isinya dikemas sedemikian rupa.
Menggunakan kata sifat. Pejabat itu jujur, pengusaha itu culas. Menggunakan pendapat redaksi bukan narasumber terpercaya.
Menyeleksi gambar dan menyisipkan musik. Sehingga terkesan 'memalukan' tokoh yg diberitakan.
Video berasal dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Cek: remotivi.or.id
Bijaklah, hati2, kritis dengan media yg kita konsumsi.
Istilah pagar api
Prinsip yang mewajibkan batas yg tegas antara iklan dg berita.
Memberikan garis tipis antara iklan dg berita. Ruangan di kantornya pun juga dipisahkan.
Kenyataannya suka diabaikan.
Seringkali sekarang muncul iklan2 dalam berita >> malpraktik media
Contoh: lagi nonton talkshow ttg air bersih eh ada yg minum air kemasan tertentu
Mengenali informasi palsu:
Periksa sumbernya
Baca yg tersirat
Periksa penulisnya
Sumber pendukung
Periksa tanggalnya
Apakah lelucon?
Hindari prasangka
Tanya kepada pakar
Bisa cek berita2 hoax di >> https://hoaxornot.detik.com
Saat kamu dapat berita, CEK!!!
Apakah itu berita benar?
Salah >> jangan sebarkan!
Benar >> apakah bermanfaat? Kalo benar> sebarkan!, kalo salah> jangan sebarkan!
"Barang siapa tergesa-gesa akan salah." ketika mendapat berita yg tampak bombastis segera cek ricek jangan buru2 disebarkan, kemungkinan besar hoax.
"Barang siapa diam akan selamat." ketika menemukan berita tidak benar, jangan lanjut disebarkan!
Kanal pilihan anak:
Kokbisa?
Papita kids news
.
Panduan internet ramah anak:
Pastikan laptop di area yg mudah diawasi
Gunakan perangkat lunak untuk menyaring/memblokir konten tertentu >> qustodio free, kuripura web filter, k9 web protection
Atur browser dan aplikasi agar aman bagi anak
Periksa secara berkala situs yg dibuka, mengenali kesukaan anak
Ketahuilah alamat surel, nama akun medsos, & password
Buat kesepakatan dg anak waktu main games & akses internet. Anak belajar pake internet dg efektif & sesuai kebutuhan. Alihkan waktu lainnya ke buku atau main beneran di luar rumah (mengasah motorik & sisi sosial mereka).
Sumber: remotivi.or.id
.
.
Selamat berinternet dengan bijak dan aman
0 Komentar