Dream Worldwide Jakarta| Yup, insya Allah Ustaz Nouman Ali Khan mau dateng lagi loh ke Indonesia. Dan kali ini lecture-nya lebih lama dibandingkan dengan Story Night, 8 hari! Masya Allah.

Pertama kali tahu tentang Dream Program kayaknya tahun lalu, “gak sengaja” ada video yang lewat di FB home, pas ditonton ternyata berisi interview sama Dream Students gitu…. Masya Allah pas nonton itu “iriii” banget rasanya, gimana mereka cerita yang awalnya baca Alquran hanya sekilas dan gak ada rasa yang beda dalam hati tapi setelah ikut Dream Program mereka mulai merasa beda gitu setiap baca Alquran. Mereka bisa merasakan keindahan kata-kata Allah, mereka bisa melihat betapa struktur kata Alquran itu menakjubkan, dan mereka menyadari betapa dalamnya bahasa Arab. #pengenjuga😍
Bayyinah Dream Full-time Program

I'm so proud of our Dream students masha Allah. May Allah continue to strengthen them in their journey through the Qur'an. I also hope their journey inspires you to start your own! Check out what they were able to do after just 5 months at the full-time program.

Posted by Nouman Ali Khan on Tuesday, February 16, 2016

Sejak nonton video di atas aku jadi semakin termotivasi untuk belajar bahasa Arab. Ikut yang dekat dulu aja (waktu itu sempat belajar di Masjid Salman ITB) sambil berdo’a semoga suatu saat bisa ikut Dream Program bersama Ust. Nouman, aamiin.

And, do you know? Beberapa bulan dari nonton video itu, awal tahun 2019 Ustaz Nouman mengumumkan bahwa Dream akan dibawakan ke luar US, masya Allah! Namanya menjadi Dream Worldwide, Ustaz Nouman langsung yang akan mengunjungi negara-negara yang request mau didatangi. Masya Allah, bahkan Ustaz mendesain ulang Dream ini agar lebih terjangkau harganya (kalau Dream versi di US harganya lumayan banget, ribuan dollar, tapi tentu dengan fasilitas lengkap termasuk teknologi di Bayyinah Institute dan akomodasi gitu). Alhamdulillah setelah Jerman, Bahrain, Australia, Turki, dan Kanada, TADA!!! Indonesia juga termasuk ke dalam negara yang akan diadakan Dream Worldwide, di urutan terakhir sih kita, di bulan November, hehe. Gapapa ya terakhir, yang penting kebagian #happy😇.

Selain Indonesia, negara di Asia yang juga tetangga kita = Malaysia, juga termasuk daftar negara yang diadakan Dream Worldwide, bahkan 2x loh! Ustaz Nouman emang lebih sering ke Malaysia sih, jadi udah lebih banyak orang di Malaysia sana yang familiar sama Ustaz. Terus kemarin saat Dream Worldwide di Cyberjaya (sekitar 1 jam dari Kuala Lumpur) ada beberapa teman dari Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia yang ikutan ke sana, masya Allah. Jadi penasaran kan pengen ketemu dan ngobrol langsung buat dapet cerita gimana sih rasanya belajar di Dream Worldwide sama Ustaz😊.

Oke, berikut catatan dari ngobrol bareng Hain dan Mei (Dream Students KL 2019):

Dream Worldwide itu belajar bahasa Arab Klasik (tingkat dasar). Klasik ini maksudnya bahasa Arab Alquran yang diturunkan 1400 tahun yang lalu, jadi beda ya sama bahasa Arab percakapan sehari-hari.

Goals-nya: kita baca Alquran gak sekadar baca tapi bisa merasakan sisi keindahannya dan melihat pattern-nya yang masya Allah gak mungkin kalau ini bukan buatan Allah, ini pasti dari Allah. Juga saat sholat, kita bisa paham apa yang kita baca. Alquran jadi lebih terasa efeknya dalam sholat dan dalam kehidupan sehari-hari😍. Insya Allah bikin kita makin sayang dan cinta sama Alquran💖.

Jadwal Dream Worldwide ini dibuat untuk mengakomodasi profesional yang bekerja, pelajar/mahasiswa, dan anak-anak di atas usia 9 tahun.

Para peserta gak harus yang udah pernah belajar bahasa Arab, meskipun belum pernah sama sekali, nol! It is okay. Kita tetap bisa ikutan program ini. Ini basic banget kok, Ustaz pengen bantu kita memperkuat basic-nya dulu. Selanjutnya Ustaz berharap kita bisa membuat komunitas belajar Alquran (percaya deh, belajar Alquran itu bisa jadi candu loh😎) atau bahkan kita boleh menyebarkan materi yang diperoleh dan mengajarkannya sesuai dengan bahasa kita.

Jadi syaratnya apa? Bisa membaca Alquran dalam aksara Arab (minimal Iqro 4), tidak harus bisa menulis aksara Arab. Dan pastinya harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik karena program ini dibawakan langsung, full 8 hari, sama Ustaz Nouman, tanpa penerjemah ya.

Saat di kelas, Ustaz gak mengharuskan kita mencatat terus kok, kan udah ada handoutnya (print sendiri). Bahkan saat DW KL, Ustaz sempet bilang "Gak usah nyatet, aku tahu tulisan Arab kalian gak bagus, kalian kan gak bisa ngetik seperti yang aku lakukan." 😆Iya, selama mengajar Ustaz pake laptop gitu, jadi langsung ngetik di sana terus terhubung sama layar yang guede banget. Kalaupun peserta mencatat, Ustaz bakal kasih pengumuman dan waktu buat silakan mencatat, baru deh lanjut lagi ngejelasin. Asyik yaaa.

Anak-anak bisa ikutan juga kah? Bisaaa banget, yang penting memenuhi syarat tadi: mau serius belajar dan kemampuan bahasa Inggrisnya baik ya. Bahkan di DW KL kemaren, ada anak laki-laki usia SD yang selalu duduk di barisan depan bersama ibunya, pas ditanya sama Mei, dia ngerti gak apa yang Ustaz sampaikan, dia bilang ngerti! Masya Allah. Yuk, jangan mau kalah sama bocah😏.

Dalam 1x pertemuan 3 jam belajar gak akan bosen deh, dijamin! Padahal itu malam hari after working hours kan ya, muka-muka kucel nan lusuh jadi pemandangan sehari-hari di kelas. Eits tapi tenaaang, Ustaz tahu banget gimana me-manage sisi psikologis kita. Kalau udah mulai terlihat wajah-wajah bosan dan "efek domino nguap". Bakal ada aja jokes yang bikin kita melek lagi terus bisa fokus lagi.

Jokes-nya gak receh tapi penuh hikmah, entah itu pengalaman Ustaz sendiri atau pengalaman murid-muridnya. Kita jadi bisa melihat sisi humanis Ustaz, jadi ngerasa dekat sama Ustaz, gak ada 'sekat dinding pembatas' gitu. Terus Ustaz emang gaul dan update yaa, jadi bisa nyambung gitu dengan segala usia. Masya Allah. #makingaksabarikut DREAM WORLDWIDE JAKARTA!

Kita bisa nanya sepuasssnya sama Ustaz, jangan ragu nanya kalau belum ngerti materi, Ustaz humble banget mau ngejelasin ke kita sampe kita ngerti. Bahkan setelah jam belajar habis, Ustaz masih stand by buat yang mau konsultasi nanya macem-macem di luar materi. Jadi pas DW di KL pulangnya bisa mendekati tengah malam (Cinderella kaliii). Kalau nanti di Balai Kartini bisa gak ya?

Sebelum mulai Dream Worldwide, kita bakal dapet softfile materi secara general, terus setiap malam juga bakal dikirimin softfile bahan materi belajar esok harinya, versi yang lebih detail gitu. Lalu silakan bisa diprint sendiri. Biar nanti bisa dikasih catatan-catatan kecil dari penjelasan Ustaz.
Di setiap materi ada latihan soal dan kunci jawaban. Tenang gak ada ujiannya kok😅.

Hain dan Mei sebenernya belum saling kenal, baru kenal ya pas di kelas DW KL. Terus selama kelas berlangsung ada aja yang bilang "Eh, aku tadi juga kenalan sama orang Indonesia." Lalu akhirnya dikenalin, hehe. Akhirnya saling berkenalanlah 10 orang Indonesia yang menjadi #DreamWorldwideStudents2019 di KL.

Di Malaysia suasananya santaiii banget dan lokasinya lumayan jauh dari kota (kayak Jakarta-Bekasi, sekitar 1 jam perjalanan dari KL), gak ada registrasi (cuma di awal) dan gak ada kumpulan panitia (yang kelihatan sibuk cuma 1 orang bapak yang kayaknya punya akses ke sekolah tempat diadakannya DW KL)! Bahkan yang gak daftar bisa aja masuk terus ikutan belajar #upsjanganditiru. Tapiii kalau di Indonesia gak mungkin gitu deh ya, bakal rusuh nanti. Se-RT kita ajak😅.

Oiya, disediakan meja gak buat nulis? No, bahkan pas di KL, Ustaz gak mau ada meja karena nanti jarak antara peserta dengan Ustaz jadi makin jauh. Kecuali kalau kursi dan mejanya udah nempel sepaket yah. Jadi akhirnya saat DW di KL, semua meja disingkirkan agar para peserta bisa maju dan mendekat. Nah, kalau kamu terbiasa menulis dan berniat akan menulis nanti sebaiknya bawa sendiri papan yang buat ujian itu ya, demi kenyamanan sendiri.

Intinya Dream ini emang intensif dan eksklusif banget😍, bukan hanya 3 jam belajar bahasa Arab Alquran (mengajak kita menyelami Alquran dari perspektif yang berbeda!) Tapi ada plus-plus buat konsultasi, sebelum dan setelah belajar. Dan jadi dapet banyak Alquran gems and life lessons dari cerita-cerita Ustaz di sela-sela materi *ini yang selalu ditunggu-tunggu kata Hain dan Mei.

Jadiii kalau ada yang bilang tiketnya kemahalan, eits coba pikir ulang deh.
Ini investasi dunia akhirat loh insya Allah.
Bahkan kemaren ada orang Indonesia, yang sebelum ikut Dream Worldwide KL, dia pernah ikut juga Dream Worldwide Bahrain. Dan bahkan dia mau ikut lagi Dream Worldwide Jakarta! Masya Allah.
Wow, sebegitu nagih kah belajar Bahasa Arab Alquran sama Ustaz Nouman? Harus cobain sendiri belajar langsung sama Ustaz!

Jazakillah khayr Hain dan Mei for beautiful and amazing story about Dream Worldwide in KL.😍😍😍
Can't wait for my own journey to love the Qur'an more and more.

Sooo, siapa yang juga kepengen banget ikutan Dream Worldwide Jakarta 2019?
Ini beberapa info penting yang harus kalian tahu:

Apa yang akan kita pelajari di Dream Worldwide Jakarta?
Ini dibagi menjadi enam unit utama:
1. Dasar-dasar Nahw (Sesi Intensif 8 Hari)
2. Dasar-dasar Sarf*
3. Sarf Lanjutan*
4. Nahw Lanjutan*
5. Balaghah*
6. Terjemahan Surah Al-Baqarah*
(*) = sesi online di Bayyinah TV (berlangganan, biaya terpisah)

Kapan & di mana Dream Worldwide Jakarta akan diadakan?
Dream Worldwide Jakarta akan dilakukan secara offline yang diikuti oleh studi online.

SESI OFFLINE: INTENSIF 8 HARI 
Waktu:
20-28 November, 2019
Hari Kerja| 19:00 - 22:00 WIB
Minggu| 10:00 - 15:00 WIB
Sabtu| Tidak ada kelas
Lokasi:
Balai Kartini, Nusa Indah Theater
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 37, Kuningan, Kota Jakarta Selatan
Btw, Balai Kartini ini nyaman banget buat belajar, sound-nya oke, ber-AC pastinya, dan bentuknya teater jadi kita gak perlu khawatir kehalangan sama orang di depan kita.

SESI ONLINE: BAYYINAH TV (WEBSITE/APP)
Sisa kursus akan diajarkan sepenuhnya dengan berlangganan Bayyinah TV (biaya terpisah) dan live stream di fanpage FB Bayyinah (gratis). Kursus ini akan tersedia tanpa batas waktu di Bayyinah TV sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kecepatan Anda sendiri.

************************************************
💭Mau tahu lebih lengkap FAQ about Dream Worldwide Jakarta 2019?
Bisa mampir ke tulisan Tentang Dream Worldwide Jakarta 

💭Mau langsung daftar setelah baca tulisan ini? Bisa meluncur ke web bayyinah.id

💭Mau coba tanya-tanya dulu? Bisa kontak narahubung NAK Indonesia di https://wa.me/6281290621429
************************************************

Sampai bertemu di Dream Worldwide Jakarta ya temans, insya Allah!

Tags: Nouman Ali Khan

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Wah.. Pingin nih sebenarnya. Tapi jauh hehe....
    Seandainya diadakan di sekitar jateng juga, pasti peminatnya sangat banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semakin jauh insya Allah pahalanya semakin besar :)

      Hapus
  2. Afwan harga tiketnya berapa ya dek

    BalasHapus

Langsung ke konten utama