Bismillahirahmanirrahiim...

Udah NHW #8 aja nih! Artinyaaa udah di akhir matrikulasi Ibu Profesional!!!

Aaaah degdegan...., lulus ga yaah nanti, soalnya beberapa kali ngerjain NHW-nya ga bisa tepat waktu, ada aja sesuatu yang bikin tersendat, secara tiap NHW ngerjainnya ga bisa buru-buru, materinya luar biasa padet berisi jadi harus dicerna berkali-kali, nulis NHW juga pasti ga bisa sekali duduk langsung jadi, biasanya brainstorming dulu ngetik semua yang ada di pikiran dan perasaan, terus break, terus duduk manis lagi baca materi dan NHW ulang, cari referensi, edit lagi, merenung lagi ketik lagi dst sampai manteppp, hehe (jadi lama, tapi rasanya lega kalo berhasil “menemukan” apa yang ada di dalam diri lewat NHW, Alhamdulillaah... Semoga pahala kebaikan terus mengalir ke Bu Septi sekeluarga karena sudah membantu saya -kami, para wanita yang mengikuti matrikulasi Ibu Profesional- untuk “menemukan” diri sendiri, menebar manfaat, dan kembali pada fitrah, Aamiin)

Rabu kemaren (15 Maret 2017), grup matrikulasi Ibu Profesional Bandung habis ngadain kopdar, kerennn deh grup ini ga hanya rame di dunia maya tapi juga semangat bertemu di dunia nyata, saluttt!!! Lagi-lagi bersyukur bisa gabung sama ibu2 dan calon ibu yang semangat berbagi kebaikan dan berbagi ilmu. Sayang saya ga bisa ikut T_T, tergoda sih sebenernya untuk cuti (diracuni sama salah satu teteh di grup :p), tapi anak-anak jadwalnya lagi bikin project sains, jadi ga bisa ditinggal...heu. Semoga lain kali bisa ikutan, kenalan dan kecipratan ilmu parenting dari teteh2 keren... Aamiin.

Selain itu saya juga beberapa kali merasa agak ketinggalan info dari grup, setiap dapet waktu santai untuk buka grup, jeng...jeng...jeng... chat unread-nya udah ratusan ajah :D, luar biasa semangat diskusi teteh2 dan manajemen waktunya terutama yang udah ibu2!. Akhirnya nge-scroll dan berusaha menyimpulkan sendiri, Alhamdulillah beberapa pertanyaan yang diajukan sudah cukup mewakili pertanyaan di dalam kepala ini, hehe.

Materi kali ini adalah tentang “Misi Spesifik Hidup Dan Produktivitas” yang tujuannya untuk meningkatkan kemuliaan hidup kita dimata Allah dan manfaat hidup kita bagi alam semesta. Cara menemukan misi hidup itu adalah dengan “jalankan saja yang kita BISA dan SUKA tanpa pikir panjang”, karena Allah pasti punya maksud tertentu ketika memberikan kepada kita sebuah kemampuan. Apabila kita jalankan terus menerus, kemungkinan itulah misi hidup kita.

Semoga saya (dan teteh-teteh yang telah sampai tahap ini juga) termasuk orang yang menjalankan aktivitasnya dengan ciri-ciri:
©      Selalu bersemangat dengan mata berbinar-binar
©      Energi positifnya selalu muncul, rasanya tidak pernah capek
©      Rasa ingin tahunya tinggi, membuat semangat belajar tinggi
©      Imunitas tubuh naik, sehingga jarang sakit, karena bahagia itu imunitas tubuh yang paling tinggi
Karena orang dengan ciri-ciri tersebut adalah orang sudah menemukan misi hidup (baik disadari ataupun tidak disadarinya).

Yuk mulai melangkahkan kaki untuk menemukan dan memantapkan misi hidup!
Dimulai dari mengerjakan NHW #8 hehehe
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
“Mengajar teori & eksperimen sains ke anak-anak”
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini:
1. Kita ingin menjadi apa? (BE) pendidik, khususnya di bidang sains untuk anak-anak
2. Kita ingin melakukan apa? (DO) belajar (terus menambah ilmu sains sesuai dengan perkembangan terkini dari berbagai sumber, baik sumber tertulis maupun sumber langsung -seminar/workshop-) dan mengajar (mentransfer ilmu sains dengan bahasa yang sederhana karena untuk anak-anak) #semuaguru #semuamurid
3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE) rumah eksplorasi (eksperimen sains untuk anak-anak), taman baca gratis, sekolah alam
c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
©      Menjadi pembelajar dan pendidik sepanjang hayat dengan cara mengoptimalkan potensi dan bakat yang dimiliki untuk menebar manfaat bagi seluruh alam semesta #islamrahmatanlil’alamin. Saya ingin mengajak anak-anak mengeksplorasi sains yang tujuannya untuk mengenalkan dan memberi pemahaman tentang kebesaran Allah dari fenomena-fenomena yang diamati.
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan)
5 tahun ke depan à
©      Menghidupkan website tentang sains untuk anak-anak (konsisten)
©      Menulis buku tentang sains untuk anak-anak
©      Terus belajar menambah ilmu dan wawasan tentang sains dan pendidikan
10 tahun ke depan à
©      Merintis rumah eksplorasi (eksperimen sains untuk anak-anak)
©      Merintis klub sains yang terbuka untuk umum usia anak-anak
©      Merintis taman baca gratis untuk segala usia
©      Membuat konsep dan mengumpulkan teman untuk mendirikan sekolah alam bernapas Islami
©      Terus belajar menambah ilmu dan wawasan tentang sains dan pendidikan
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun 2017-2018 (new year resolution)
©      Mulai merintis website tentang sains untuk anak-anak (insya Allah bersama dengan seorang teman, nama websitenya pustaka sains junior)
©      Mulai menulis materi buku tentang sains untuk anak-anak (tahap awal dari publish di medsos)



Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu: BERUBAH atau KALAH!!!

Miranti Banyuning Bumi
Peserta Matrikulasi Ibu Profesional Batch #3

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama