BundSay Game 1 (day 1): Tantangan Komunikasi Keluargaku

Komunikasi Produktif


Saat membaca judul materi ini, saya langsung kepikiran “siapa ya yang bakal jadi target eksperimen sosial saya nanti, hehehe.”
Niat awal saat memulai kelas Bunda Sayang ini, kepikiran target tantangan saya adalah anak-anak di sekolah tempat saya mengajar. Karena salah satu yang membuat saya memutuskan untuk mengikuti program Institut Ibu Profesional ini pun adalah mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya untuk menghadapi tantangan saat menghadapi anak-anak di sekolah (bahasa kerennya: mendidik anak sesuai fitrah).

Tapi... Karena tantangan ini bertepatan di akhir semester, artinya saya udah ga ada jam mengajar lagi, jadi bakal jarang ketemu anak-anak kecuali ada alasan khusus (fyi, saya adalah guru bidang studi sains, jadi masuk kelasnya saat jam pelajaran aja, beda dengan guru kelas yang selalu membersamai anak-anak dari jam 7.30-14.30).
Akhirnya saya memutuskan yang menjadi target eksperimen sosial saya di tantangan BundSay Game 1 ini adalah keluarga à adik saya sendiri, hehe (berhubung saya tinggal ngontrak berdua sama adik saya di Bandung).

Sebelum mulai cerita tentang komunikasi produktif yang saya terapkan pada adik saya ^-^, saya mau mengomentari tentang isi materi kelas Bunda Sayang ini dulu. Jika dua orang yang ditakdirkan menjadi pasangan bisa berbeda banget FoR dan FoE, maka dua orang adik-kakak pun ternyata juga bisa begitu. Padahal kami berasal dari perpaduan genetik yang sama, dibesarkan dengan didikan dari papa-mama yang sama, tumbuh di lingkungan yang sama hingga saya merantau duluan ke Bandung untuk kuliah lalu adik saya pun menyusul kuliah di institut yang sama tapi beda jurusan (saya jurusan kimia dan adik saya arsitektur).
Hasilnya (ternyata) sampai sekarang saya merasakan banyaaak banget perbedaan di antara kami, dari hal-hal yang kecil hingga besar, seperti: genre buku/musik/film kesukaan, cara berpakaian, cara berkomunikasi, cara menghabiskan waktu luang, cara menyelesaikan masalah, cara menemukan solusi, intinya cara kami masing-masing memandang dunia berbeda (banget!). Well, ternyata setelah mencoba personality test, saya ISFJ dan adik saya INTP. O_o. Hahaha, 3 huruf karakter yang saling bertolak belakang, yang sama cuma 1, kita sama-sama introvert, kita sama-sama “recharge our energy in solitude”. Jadi wajar saja terkadang untuk bicara dari hati ke hati sama adik sendiri tantangannya besar banget, harus cari moment yang tepatnya itu PR banget. Dan karena dapet tantangan ini... Bismillahirrahmanirrahiim harus lurusin niat untuk memperbaiki komunikasi sama adik sendiri nih!

Topik obrolan: “Sister Project”
Kalau membicarakan apa saja perbedaan kami berdua pasti nanti bisa panjaaang banget daftarnya, hehe. Jadi topik kali ini adalah menemukan persamaan di antara kami dan menjadikan itu project bersama.
Sebenarnya ide ini udah muncul saat awal-awal kita ngontrak bareng (sekitar 1,5 tahun yang lalu). Kami sama-sama suka yang hal-hal yang berbau art-craft. Waktu itu adik saya lagi suka mengeksplor paper cutting, dia niat banget beli alatnya, tapi beberapa benda yag diperlukan memang sudah dia miliki sejak kuliah, karena berhubungan dengan ilmu yang dia tekuni. Sedangkan saya lagi suka origami (Alhamdulillaah sampai sekarang pun masih). Idenya pengen bikin art project yang mengkombinasikan paper cutting dan origami terus difoto dan dipublish di media sosial gitu. Masing-masing dari kami sudah bikin karya, tapi ide buat mengkombinasikannya belum muncul-muncul -_-, dan akhirnya ide itu pun berhibernasi karena kesibukan kami masing-masing.

Alhamdulillah menjelang Ramadhan, ide itu ON lagi. Karena sejak mengikuti matrikulasi IIP, kita (baca: saya) ‘dipaksa’ menulis, akhirnya hobi menulis pun tumbuh lagi. Karena sejak mengikuti matrikulasi IIP, kita (baca: saya) harus nyetor tulisan 1 minggu 1x, akhirnya setelah itu saya memiliki target sendiri untuk nulis lalu share di medsos minimal 1 minggu 2x. Saya pun ikutan Rumah Belajar Menulis-nya IIP dan challenge menulis selama Ramadhan. Alhamdulillah punya hobi baru yang insya Allah positif dan berkah.

Nah karena saya prefer publish tulisannya di IG (yang di-link ke fb), maka selain harus memiliki tulisan, saya pun harus punya foto yang instagram-able (ciamik gitu buat dipajang di IG). Tapi saya ga selalu punya stock foto yang oke, jadilah saya kepikiran gimana kalo pake gambar aja, dan gimana kalo minta tolong adik sendiri buat gambarin, hehehe. Oiya jadi adik saya juga punya hobi baru lagi, menggambar (atau membuat sketsa gitu), biasanya objek gambarnya adalah orang-orang korea (nah ini juga jadi modus terselubung saya untuk mengalihkan perhatian adik saya dari dunia “korea2an”). Jadi ide project bersama (sister project) ini adalah saya menulis dan adik saya menggambar untuk tulisan tersebut.

Tantangan selajutnya adalah mengkomunikasikan ide ini! deg...deg...degdegan (Soalnya adik saya sering lembur kerjaannya dan sekarang dia lagi les intensif IELTS, jadi ... aaah jangan mikir yang macem-macem dulu deh :p)

Bismillah...
Ini adalah obrolan pemanasan (sebelum dapet tantangan BundSay Game 1)
De’ Ta          : (lagi asyik dengan gadgetnya, duduk di kasur, kelihatan dari wajahnya sih lagi rileks... hehe)
Mbak Ra     : De taaa... mau bantuin mbak ga? (Duduk di kursi di hadapannya, sambil memberikan senyuman #eh cengiran termanisss)
De’ Ta          : Bantuin apa? (Belum nengok, masih fokus sama ‘kotak kecil bercahaya’ itu)
Mbak Ra     : De taaa (Manggil lagi dengan nada memelas a.k.a memohon biar dia nengok)
De’ Ta          : (Akhirnya nengok ke arah suara) Hmmm?
Mbak Ra     : Mbak pengen bikin tulisan gitu buat ikutan semacam kompetisi menulis yang diadain sama blog Nouman Ali Khan (NAK) Indonesia, jadi butuh gambar buat dipublish di IG mbak...hehe. Mau minta tolong gambarin yaaaJ (berusaha menggunakan intonasi suara yang ga ‘memaksa’ tapi ‘meminta tolong banget di-iya-in’ haha)
De’ Ta          : Ooooh oke (Dengan muka datar :p)
Mbak Ra     : Yeaaay Alhamdulillaah... Tengkyuuuu yaaa de’ taaa (Pengennya sih sambil loncat terus meluk dia, tapi dia sensitif banget kalo dipeluk tiba-tiba, bisi nanti malah berubah pikiran, jadi diurungkan deh aksi ‘kinetik’nya, digantikan dengan ucapan terima kasih berkali-kali *kisskiss)

Alhamdulillah sister project #1 sudah terlaksana, dipublish di sini: https://www.instagram.com/p/BUlztsKl7gf/?taken-by=banyubumi
Dan sama blog NAK Indonesianya diterima dan dipublish di blog mereka di sini: https://nakindonesia.wordpress.com/2017/06/02/mfa-7-yuk-belajar-dari-lebah/


Tantangan selanjutnya adalah untuk menjawab tantangan BundSay Game 1, melanjutkan mengkomunikasikan ide, biar project ini beneran bisa konsisten, bukan karena kemaren ikut #myfavouriteayat di blog Nouman Ali Khan (NAK) Indonesia aja.

Niat awal à ngobrolnya pas hari pertama mulai waktu tantangan, yaitu tanggal 1 juni, pas libur juga kan itu, jadi moment-nya bisa pas santai. Tapi qadarullah, awalnya kita janjian tarawih bareng di Masjid Salman ITB (pengen ngobrolnya sengaja di masjid biar hawa ademnya mengkondusifkan, hehe), tapi saya berangkat duluan karena mau nyimak kajian #InspirasiNabi dulu, eeeh terus hujan deres dari sore ampe malem, jadi adik saya ga jadi nyusul ke Salman.
Atur ulang niat à ngobrolnya hari jum’at malam aja, kan besoknya weekend tuh, jadi semoga pikirannya santai. [CHOOSE THE RIGHT TIME: CHECKED]

Akhirnya hari jum’at malam, saya udah siap-siap atur ekspresi wajah dan body language yang welcome pas dia pulang les (sekitar jam 20.30) [KAIDAH 7-38-55: CHECKED], sengaja bukain pintu (biasanya buka pintu sendiri karena kami masing-masing megang kunci kontrakan), terus nawarin makan (kalo ini memang rutin saya lakukan karena sebagai mbak yang baik kalo adeknya pulang malem, habis shaum pula, yaa nawarin makan donk J), terus nungguin dia bebersih badan dulu sambil di meja ruang tengah. Di tengah dia sedang makan, obrolan pun saya mulai...

De’ Ta          : (lagi asyik menikmati makan malamnya, kelihatan dari wajahnya sih lagi rileks... hehe)
Mbak Ra     : De taaa... Tau Ust. Nouman Ali Khan kan?
De’ Ta          : Hmmm nggak.
Mbak Ra     : Itu loh taa, yang mbak suka nyalain khutbahnya, pake bahasa inggris, trus ada juga video animasinya itu looh...
De’ Ta          : Oooh (tapi belum menunjukkan wajah yang tertarik nan antusias)
Mbak Ra     : (Karena emang lagi buka laptop, langsung nunjukin video animasi yang dibuat darul arqam studio, di youtube-nya Free Quran Education) Ini looh taa (sambil menunjukkan wajah berbinar-binar dan nada suara yang excited) [KAIDAH 7-38-55: CHECKED]
De’ Ta          : Ooh iyaa (mulai menunjukkan wajah yang ‘sedikit’ tertarik)
Mbak Ra     : Kebayang yaa ta orang-orang di behind the scene bikin video ini, pasti ada illustrator/animator, yang bikin naskah, yang ngurus IT-nya, terus mereka ngebagi-bagiin video ini secara gratis pula. Masha Allah... Pahalanya pasti banyaaak banget. (sambil terus menatap mata de’ ta) [INTENSITY OF EYE CONTACT: CHECKED]
De’ Ta          : Hmmm iya (mulai menunjukkan wajah nyimak)
Mbak Ra     : Terus tadi mbak juga kepoin lagi Bayyinah Institut-nya Ust. Nouman Ali Khan, keren banget kalo liat timeline-nya, dimulai dari laptop Ust. NAK, ngajar tajwid dan bahasa Arab terus dishare, sekarang videonya udah viral banget dan makin banyak programnya, diundang kemana-mana ke berbagai negara, bahkan udah ada bangunan Bayyinah Institut-nya, dst...dst... (kalo mau ditulis semua di sini cerita tentang Bayyinah bakal panjaaang banget, yang mau tau lebih lanjut, bisa cek sendiri di web mereka bayyinah.com)
De’ Ta          : Hoooo (nyimak)
Mbak Ra     : Mbak pengen deh kita juga melakukan sesuatu gitu, sharing (atau bahasa gaulnya ‘dakwah’) hal-hal yang bermanfaat/menginspirasi, mbak kan lagi suka nulis, kamu yang gambar yaaa...hehe (langsung nembak nih tapi dengan nada yang halus) Jadi project bersama kita taaa J [CLEAR & CLARIFY: CHECKED]
De’ Ta          : Dibayar berapa? (ekspresi wajah iseng)
Mbak Ra     : Eiiiy de’ ita maaah :p... Mau yaa? Mauuu yaa? Yess Yesss!!
De’ Ta          : Hmmm iya (sambil senyum dikit terus beralih ke ‘kotak kecil bercahaya’-nya lagi...)
Mbak Ra     : Yesss... Yesss... Alhamdulillah... Nanti mbak cari ide buat tulisan selanjutnya, terus kita ngobrol lagi yaaa...hehehe [I AM RESPONSIBLE FOR MY COMMUNICATION RESULT: CHECKED]
De’ Ta          : Hmmm (sambil melirik tanda iya)

Dan kami pun fokus ke kerjaan masing-masing lagi...

#level1
#day1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Bandung, 3 Juni 2017

Miranti Banyuning Bumi




Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama