BundSay Game 6 (day 5): Math Around Us – Kolaborasi Matematika dengan Teman-temannya (STEAM)

Zaman now itu bukan lagi zamannya berkompetisi, tapi zamannya berkolaborasi.



Bedanya apa?
Berdasarkan KBBI >>>
kompetisi/kom·pe·ti·si/ n 1 persaingan: di antara para siswa harus diciptakan suasana -- yang sehat dalam belajar; 2 Olr pertandingan untuk merebut kejuaraan dalam gabungan perkumpulan olahraga (sepak bola dan sebagainya): klubnya keluar sebagai juara -- PSSI wilayah III; 3 sistem pertandingan olahraga yang mengharuskan semua pihak saling bertanding (berhadapan);
kolaborasi/ko·la·bo·ra·si/ n (perbuatan) kerja sama (dengan musuh dan sebagainya);
Nah bisa dilihat kan, kompetisi itu kata kuncinya adalah persaingan dan menjadi juara, sedangkan kolaborasi itu kata kuncinya adalah bekerja sama (walaupun itu ntah kenapa ada kata ‘dengan musuh’ yaa -_-, kenapa bukan kata ‘dengan teman’, ehehe)

Jadi di zaman now yang serba cepat ini, kalo mau masing-masing untuk mendapatkan juara yaa nanti lama majunya, bisa-bisa sibuk untuk saling mengalahkan… Bagaimana jika sebaiknya kita bekerja sama, masing-masing orang pasti punya kelebihan, saling percaya, kekurangan yang lain ditutupi dengan kelebihan yang lain, jadi saling melengkapi seperti puzzle untuk cita-cita yang lebih besar.

Nah begitu pula dengan ilmu-ilmu zaman now, dibutuhkan kolaborasi, tidak masing-masing atau terkotak-kotak gitu, temukan over-lap, belajar kerja sama, belajar duduk bareng, mau mendengarkan!

Ada yang pernah mendengar STEM atau STEAM?
Itu adalah pendekatan pembelajaran di kelas yang menerapkan kolaborasi.
STEM >>> Science, Technology, Engineering and Mathematics
STEAM >>> Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics

Jadi kalo ada yang bilang “Aku mah sukanya pelajaran math, ga suka science…” atau “Aku mah sukanya pelajaran science, ga suka math…” atau “Aku mah sukanya pelajaran math and science, ga suka art…”
Hmmm sebaiknya jangan buru-buru bilang ga suka, karena mau ga mau nanti ketemu lagi dan harus mau belajar *emang ga mudah, penuh perjuangan yang insya Allah worth it!

Mau tahu bukti nyata dalam kehidupan ilmu-ilmu tersebut saling berkolaborasi?
Lihatlah produk gadget sekarang (Apple misalnya), keren banget kan, minimalis, tipis, multi fungsi, dan menyimpan banyak data. Disebut produk sains? Iya! Disebut produk teknologi? Iya banget! Butuh seni ga dalam mendesainnya? Sooo pasti. Pake matematika ga dalam analisis produk, marketing, lalalala? Yaiyalah.
Daaan beberapa hari yang lalu saya baru saja belajar tentang STEAM ini dan IoT, catatan belajarnya bisa cek di sini.

#level6 #day5 #Tantangan10Hari #MathAroundUs #ILoveMath
#KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP
Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama