Kunci Konsistensi Menulis = CINTA (Kulwap Copywriting bersama Mbak Deka)
Kulwap “Copywriting for Blogger” di WAG ODOPfor99days
Jum’at, 17 Agustus 2018


Ini adalah kulwap kedua di sesi kedua tahun 2018! Alhamdulillaah ilmu baru lagiii.
Saat mendapatkan info tentang kulwap ini, aku belum kebayang apa itu “copywriting”, pernah denger kata “copywriter” sih, tapi belum di-kepo-in lebih lanjut.
Setelah membaca siapakah sosok yang akan memberikan kulwap malam itu, yaitu mbak Deka Amalia, di http://www.dekamalia.com/p/tentang-saya.html Masya Allah, menginspirasi sekali! “Iri” dengan kekonsistenan beliau di dunia tulis-menulis, 22 TAHUN loh! Koq bisa yaaa?

🌸Sekilas tentang Mbak Deka🌸
🌼Sedari kecil sering menggoreskan pena dalam berbagai puisi, cerpen, cerber, dan artikel.
🌼Dosen Bahasa dan Sastra di beberapa perguruan tinggi selama lebih 22 tahun.
🌼Cerpen terbanyak dimuat di The Jakarta Post.
🌼Memutuskan pensiun dini dan terjun bebas ke dunia menulis di awal tahun 2013.
🌼Mendirikan komunitas Women Script & Co bersama beberapa teman penulis, yang kemudian berubah menjadi Deka Amalia Writing Center.
🌼Aktif mengisi pelatihan menulis untuk berbagai kalangan di dalam dan luar negeri.
🌼Aktif sebagai mentor menulis secara online dan offline dan telah mengantarkan banyak penulis pemula menghasilkan karya.
🌼Tahun 2018 ini, usia beliau sudah 52 tahun. (Loh tapi koq dipanggilnya “Mbak”? Karena beliau terlihat awet muda sekali, bukan hanya semangatnya yang jiwa muda, tapi juga penampilan beliau! Nge-fans deh!)
Mau tahu lengkapnya? Apa saja karya-karya beliau? Baca sendiri ya di link yang di atas tadi, hehe.

Penasaran gak sih, koq bisa yaaa menjaga konsistensi begitu?
Jadi refleksi, kalo diri sendiri, masih labil banget semangat nulisnya, naik-turun-naik-turun-turun-turun-naik, kebanyakan turunnya kayaknya… Hiks

Oke, untuk menjadi sumber motivasi, mari kita resume hujan inspirasi dan hujan ilmu dari Mbak Deka:
Copywriting adalah sebuah teknik menulis yang membuat pembaca merespon sesuai yang kita inginkan. Karena itu siapkan ide, pikirkan pesan yang mau kita sampaikan, dan tuliskan!
Copywriting dibuat agar kita mendapat respon dari pembaca yaitu membeli, mendaftar, mengingat atau melakukan tujuan lain sesuai yang kita harapkan.
Copywriting sangat penting dalam bisnis online! Melewatkan copywriting sama saja melewatkan kesempatan memperoleh pelanggan dan membuang waktu.
Copywriting juga sangat penting di dunia per-blogger-an dan tulis-menulis lainnya, karena sekarang kompetisi semakin ketat!
Copywriting juga membantu kita membranding produk kita. Secara berkala brand kita akan semakin kuat dan orang mengenal kita sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Tips dasar membuat copywriting: produk knowledge dan menyiapkan ide tulisan.
Batasan jumlah kata untuk copywriting: tidak ada, asal jangan kepanjangan yang bikin orang cape’ bacanya.
Kunci untuk menjaga konsistensi dalam menulis: CINTA *cie, bener banget yaaa cinta positif mah bisa menggerakkan dan menumbuhkan.
Kata Mbak Deka: “Jika kita mencintai dunia yang kita geluti maka konsistensi akan terjaga dengan sendirinya. Do what you love and love what you do. Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.”
Tips untuk penulis pemula: Penulis pemula memang harus banyak belajar dan mencoba apa saja. Sebelum menemukan satu genre yang mau dikuasai. *SIAPPP, laksanakan! Nggak ada tuntutan untuk bisa menulis semua genre. Kembali ke masing masing pribadi, mau belajar apa dan mau menguasai yang mana, kalau belajar semua hal tentu bagus biar makin kaya ilmunya. Menulis antologi juga bisa jadi media belajar dan batu loncatan juga menambah portfolio. *Yap ini aku banget, bermula dari antologi!

Kita bisa menyatukan copywriting dengan personal branding loh, prinsipnya sebelum membuat personal branding, kita harus kenali dulu nilai diri. Bisa baca artikelnya Mbak Deka, di sini. http://www.dekamalia.com/2016/02/kiat-sukses-self-branding.html

Kiat membagi waktu dari Mbak Deka: “Kuncinya saya punya agenda kerja walau gak terlalu ketat karena kadang mundur mundur juga dari target. Tapi minimal saya punya timetable dan selesai meskipun tidak selalu tepat waktu. Kecuali kalo sudah ada pesanan yang dibayar dimuka.”
Tips dan trik agar buku laris di pasaran: tulis buku yang bermanfaat, mendidik, dan menghibur.
Cara buat blogger pemula untuk bisa dapet klien (job): Namanya rezeki ada campur tangan Allah. Jadi konsisten saja terus berproses. Insya Allah pintu rezeki akan terbuka. Tingkatkan skill dan terus menulis. Insya Allah klien akan datang, tapi tetap upayakan iklan diri, PD itu kuncinya, bikin iklan diri yang menarik dan posting secara berkala, untuk memancing klien.

🌸Pesan penutup dari Mbak Deka:
Untuk mahir menulis ada beberapa langkah:
✏konsisten berproses,
mau terus belajar,
rajin latihan,
jika ingin makin menguasai satu jenis tulisan, maka banyak-banyak latihan tulisan sejenis.
Kalau kita sulit mengembangkan naskah, itu artinya pengalaman membacanya kurang dan perlu ditambah. Karena apa yang kita baca membuat kita kaya dan mampu mengembangkan tulisan lebih baik lagi, banyak baca tulisan sejenis.
Salam semangat!

Alhamdulillaah seneng banget setiap bisa belajar sama yang ahli dan humble seperti sama mbak Deka ini… Semoga terus menebar “virus” menulis yaaa mbak!
Jazakillah khairan katsiran, Mbak Deka💖💖💖

Fyi, yang mau kenalan lebih dalam dengan Mbak Deka, bisa melalui:
Email: dewi_suci2001@yahoo.com
Blog: www.dekamalia.com
Fb: Deka Amalia Ridwan
IG: @deka66
Twitter: @dekamr
Telegram: @DAWT_6

P.S.: Sekarang aku lagi ikut salah satu project menulisnya Mbak Deka loh, judul project-nya adalah 100 Guru Menulis. Belajar menulis kisah inspiratif hingga terbit bukunya! Belajarnya di grup fb, selama 3 bulan, Agustus-November. Ada pemberian materi dan pengerjaan tugas secara bertahap gitu. Rencananya kami ingin “melahirkan” buku antologi ini di bulan November, menyambut Hari Guru 25 November 2018. Do’akan lancar ya!
Tags: ODOPfor99days

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama