[Notes from IIBF] Read Aloud!
Membaca Nyaring dengan Buku Digital Menstimulasi
Kreativitas Anak
Roosie
Setiawan
Indonesia
International Book Fair @Plenary Stage JCC
Jum’at, 14
Sept 2018
🕮Kenalkan buku sedini mungkin pada anak!
🕮Untuk membuat anak suka membaca, maka harus dipilihkan
buku-buku yang sesuai tahap perkembangannya.
Jadi pas
dengan kemampuannya, tidak terlalu sulit agar anak tidak frustasi, tidak pula
terlalu mudah agar anak tidak cepat bosan ya.
🕮Membaca itu bukan hanya menikmati teksnya, tapi juga
menikmati gambarnya.
Jadi
multi-modal teks >>> anak-anak modern "kids zaman now".
Karena
anak-anak zaman sekarang lebih visual. Bener
gak?
🕮Tahap pra-membaca = seolah-olah membaca.
Di tahap
ini, anak-anak sering dibacakan buku sehingga anak jadi hapal, bahkan kalo
sering dibacakan buku yang sama, anak akan bilang: "Aku yang baca!" Sebenarnya mah dia hapal bukan baca dalam
arti sebenernya😄
Dan
akhirnya dia akan menirukan persis seperti yang mengajari. Bukan hanya
menirukan kata-kata yang kita ucapkan, tapi juga ekspresi wajah dan gerak
tubuh. Bener banget!
🕮Anak yang sering dibacakan cerita akan memiliki kosa
kata yang sangat banyak.
Biasanya
mereka jadi suka berbicara (baca: cerewat), gapapa
dinikmati aja yaa😅
Atau mereka
jadi suka membuat ceritanya sendiri melalui gambar! *Benerrr banget, pas ngajar di Mutbun, beberapa anak gampang banget
buat cerita bergambar gitu
🕮Membaca nyaring interaktif = membaca sambil memberikan
kesempatan anak untuk berpendapat.
Di
sela-sela membacakan untuk anak, ciptakan dialog dengan anak.
Latihlah
anak bertanya, karena bertanya lebih sulit daripada menjawab pertanyaan.
Coba
tanyakan pada diri sendiri, pernah diajari cara bertanya gak? 😅
[Ingat!] Bukan tentang menyelesaikan 1 buku,
tapi proses tanya jawab adalah proses yang paling mahal dari aktivitas membaca
nyaring.
🕮Kalo anak tidak bertanya, pancing anak dengan
pertanyaan ya.
Tapi bukan
dengan bertanya: "Apa ada pertanyaan?" 😅😅😅 Kalo di kelas besar sih boleh…
🕮Ada buku untuk mengembangkan kesadaran fonem
>>> buku cerita anak berima, contohnya buku-buku karya dr. Seuss, ex:
cat in the hat, etc.
*Fonem = bunyi bahasa yang berbeda atau mirip
kedengarannya.
🕮Ciri-ciri Buku Cerita Bergambar
☑ Konten
mudah dipahami sesuai daya nalar anak
☑ Teks
tertulis―bahasa yang baik dan menarik
☑ Teks
visual/ilustrasi―warna, ekspresi wajah tokoh,
dan gestur
☑ Teks auditori-narasi
☑ Tata letak
Pilihlah buku yang baik untuk anak, berdasarkan
ciri-ciri di atas
🕮Jenis buku anak
Picture book: buku kain/plastik, taktil, format
interaktif, wordless book, concept book,
short picture book.
🕮Tantangan buat para pendidik di negeri ini:
☑ Cerita anak
khas Indonesia
☑ Buku non
fiksi
☑ Picture
book, yang isinya biografi tokoh
☑ Tidak
menggurui, jangan ditulis pesannya secara jelas, tapi disisipkan, atau
digambarkan melalui ilustrasi.
***
📚Cara
melakukan READ ALOUD📚
_Strategi Literasi_
Sebelum:
☑ Rencanakan
tujuan membaca dan tahu tahapan membaca anak
☑ Pra-baca
dan baca ulang dengan tujuan: mengetahui jalan cerita, sudah mengetahui
tanda-tanda baca sehingga memungkinkan untuk mengatur intonasi suara agar
menarik atau menentukan kapan harus jeda, melakuan prediksi atau menghubungkan
dengan hal-hal tertentu (kehidupan sehari-hari anak atau berita terkini)
☑ Kita harus
sudah pernah membaca buku tersebut, agar siap dengan pertanyaan anak
☑ Siapkan pertanyaan-pertanyaan
untuk diskusi dan mengantisipasi pertanyaan yang muncul
☑ Bisa
latihan dulu (di depan kaca boleh)
☑ Siapkan
model/alat peraga yang menarik
Saat:
☑ Kenalkan
buku itu merupakan sebuah karya (ada judul, penulis, ilustrator) bukan
tiba-tiba jatuh dari langit😅
☑ Gali
pengetahuan latar dengan mengajak anak melakukan prediksi dari cover
☑ Coba
menelusuri gambar per halaman tapi jangan langsung baca teks
☑ Baca dengan
kecepatan sesuai kemampuan anak
☑ Bicarakan
kata-kata baru dan menarik saat membaca
☑ Buat
komentar dan ajukan pertanyaan
☑ Bantu anak
untuk mendengar dan merasakan ceritanya mengalir
☑ Arahkan
perhatian anak pada gambar, ekspresi wajah karakter
☑ Uji apakah
prediksi di awal tadi benar
Setelah:
☑ Minta anak
ajukan pertanyaan, kalo tidak ada harus dipancing, bisa diakalin dengan
menyediakan tongkat/bola bicara = cara untuk menghargai anak yang berbicara
& belajar mendengar aktif,
☑ Letakkan
buku yang sudah dibaca di tempat yang mudah dijangkau, bisa juga letakkan di
pojok membaca di rumah/sekolah karena biasanya anak mau membaca ulang buku
tersebut!
🕮Read aloud >> gunakan suara sendiri (orangtua/guru),
jangan rekaman dari youtube.
Manfaatnya adalah untuk membangun kedekatan ❤❤❤
🕮Tujuan read aloud: memberikan pengalaman
membaca yang menyenangkan untuk anak.
Buku teks
di Indonesia >>> amat sangat jauh dari menyenangkan.
Jadi bangun pengalaman suka baca dari buku-buku
cerita.
[Ingat!] Jangan sampai anak memberontak.
Ada yang
menemukan bahwa anak umur 5 tahun bilang "Saya gak mau lagi membaca."
Karena pengalaman
membacanya tidak menyenangkan.
Bosen baca masih umur 5 tahun itu bahaya! 😰😰😰
***
📚5 CARA TUMBUHKAN MINAT
BACA📚
1. Bacakan cerita setiap
hari
Membaca bersama membentuk dasar-dasar keterampilan membaca dan
menanamkan bahwa kata mengandung makna.
2. Tempel kata
dimana-mana
Kelilingi anak dengan kata di kehidupan keseharian. Tunjukkan
bagaimana kata-kata digunakan dalam buku, papan pengumuman, dan bentuk
komunikasi lain.
3. Ajukan pertanyaan
Tanyakan hal yang membantu anak menghubungkan apa yang dibaca dengan
kehidupan sehari-hari. Tanyakan tentang gagasan dan apa yang dipelajari.
4. Menulis dan menulis
Tunjukkan bahwa membaca dan menulis saling terkait dengan membiarkan
anak mengamati ketika kita menulis, baik itu catatan, surat, atau daftar
belanjaan. *Makanya kalo nulis jangan pake gadget terus yaaa, hwehehe.
5. Ngobrol tentang buku
Bicara tentang buku di percakapan sehari-hari. Dengan begitu
anakmendapat pengalaman sosial positif dan mengerti pentingnya membaca.
***
[Cek!]
Bisa download aplikasinya di playstore, lalu bisa baca banya buku
dengan gratis loh
🕮
“The most important
period of life is not the age of university studies, but the first one, the
period from birth to the age of six.”
―Maria Montessori
🕮
📚Catatan lainnya dari IIBF:
✎[Notes from IIBF] It’s not just a book fair, it’s a book affair!
✎Workshop 1. Children’s Book Writers: Creating Narratives for Engaging Picture Books, with Room to Read
✎Workshop 1. Children’s Book Writers: Creating Narratives for Engaging Picture Books, with Room to Read
✎Workshop 2. Licensing Children's Book Content: How to Make Most Out of Your Content and Increase Income, with Carlsen Publisher
🔖Salam literasi
Miranti Banyuning Bumi
wuah, tampilan blog nya udah keren mbak ya
BalasHapusAlhamdulillaah nii mbak, menemukan jodoh eh template yang tepat, mentor yang baik, dan waktu yang pas buat ngulik, hehehe
Hapus