BundSay Game 9 (day 1): Be Creative – Asyiknya Mengeksplor CANVA!



Bismillahirrahmanirrahiim...
Aaah sukaaa banget sama materi kali ini, tentang KREATIVITAS!
Langsung muncul banyak ide tulisan, sangking banyaknya bingung mau nulis yang mana…
*ups tidak bermaksud sombong koq, hehe, intinya segera tangkap ide dengan ditulis lalu dipilah-pilih dulu…

Poin penting tentang kreatifitas yang saya dapatkan di diskusi awal tantangan kali ini adalah: 
KREATIVITAS tidak hanya berhubungan dengan ART dan CRAFT saja loh, tapi juga tenang CREATIVE PROBLEM SOLVING, dan aku langsung kepikiran dengan SCIENTIFIC METHOD!
Hehe hayooo hubungannya apa yaaa, nantikan di tulisan selanjutnya.

Kalo penasaran dengan diskusi awal materi, bisa dibaca resume-nya di sini.

Dan Alhamdulillaah pas banget saat tugas ini diberikan, aku lagi training literasi, eh hubungannya apa dengan literasi? Hmmm, clue-nya adalah cara mengajar, tapi tulisan lengkapnya nanti di postingan terpisah yaaa, Insya Allah…


Untuk di tugas hari pertama ini, aku mau cerita tentang CANVA.

Why Canva


Canva is an amazing tool that makes creating blog post images, infographics, visuals for the web and of course, ad graphics extremely easy.
It is one of the simplest graphic design tools you can use even if you’re not a designer.
In a nutshell to create a graphic in Canva you simply need to select a visual type, pick elements from an impressive library of shapes, colors, images, graphics and many more and… you’re done!
But that’s just a quick overview of course. There are many intricacies in each step of the process.


Awal kenal CANVA itu di ODOPfor99days (komunitas menulis yang awalnya berada di bawah Institut Ibu Profesional tapi sekarang sudah berdiri sendiri karena semakin banyak peminat dari kalangan umum, jadi untuk bergabung, tidak harus jadi member IIP dulu). Jadi di IIP dan ODOP suka buat flyer, badge dan sertifikat paperless gitu, lucuuu banget deh desainnya, simple pula, ternyata kata teh Shanty (founder ODOPfor99days) sebagian besar desain unyu dihasilkan dari aplikasi bernama CANVA.

Waaah penasaran lah aku dengan CANVA!
Awalnya aku menduga mirip-mirip aplikasi photoshop atau corel gitu, tapi katanya untuk menggunakan CANVA harus on line gitu… Hmmm jadi mikir-mikir kalo harus on line sambil bikin nanti memakan kuota lumayan banyak donk… 
*tapi ternyata tidak 'semenyeramkan' itu, intinya harus bisa tahan diri, membuat desain yang diperlukan saja...
Pertama kali mencoba CANVA masih kagok gitu dengan tab-tab pilihan desain, ada yang berbayar dan ada yang free (menarik!), terus apa dulu yang harus dilakukan, walaupun memang sudah terlihat simple dibanding photoshop atau corel karena tidak tampak deretan tools yang memusingkan di sisinya, hehe. Intinya random aja mencoba desain yang ada, dan ga di-save.

Penasarannya ternyata tumbuh jadi niat mau belajar!
Karena semakin sering melihat hasil desain CANVA yang berseliweran di grup IIP dan ODOP, terutama yang file pengenalan ODOP memasuki tahun ajaran baru di 2018 yang dibuat oleh teh Shanty. Duhhh itu yaaa kawaiii pisan! *bahasa apa ini campur aduk! hehe...
Akhirnya niat untuk mengeksplor lebih dalam dan sengaja meluangkan waktu untuk belajar CANVA semakin kuat!

Cara yang aku lakukan adalah random way, klik ini klik itu, terus lihat hasilnya, coba lagi, evaluasi, buat lagi, evaluasi, dan seterusnya hingga Alhamdulillaah semakin penasaran, hehe.

Sebenarnya kalo mau belajar secara tertata, bisa klik bagian learn to design >> 

Masya Allah baik banget yaaa yang buat CANVA, mudah digunakan fitur-fiturnya dan ada template yang gratis buat pemula. Intinya ga seribet photoshop atau corel, tapi emang tergantung kebutuhan, kalo buat para master dan pro, pastinya lebih memilih aplikasi yang detail, hehe.

Beberapa TIPS berdasarkan pengalaman aku mengeksplor CANVA
  • Bisa dimulai dari tema desain grafis yang kamu inginkan >> pilih find templates
  • Bisa dimulai dari jenis desain grafis yang kamu inginkan >> pilih create a design
  • Fokus pada yang ingin kamu buat, harus dikonsep dulu mau isinya apa saja, agar tidak mudah terdistraksi dengan template lainnya yang tidak kalah menggoda


Ini beberapa hasil aku mengeksplor CANVA, selain bisa buat flyer dan sejenisnya, juga bisa jadi cover gambar buat postingan di blog:

Sebagai penutup: HATI-HATI KETAGIHAN!!!


#level9 #day1 #Tantangan10Hari #ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP

Bandung, 2018
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama