BundSay Game 9 (day 3): Be Creative – Creativity in Science Project (Part 1)

Bismillahirrahmanirrahiim...
Pada umumnya, orang-orang beranggapan sains itu… sulit, ngejelimet, dan penuh dengan teori-teori yang memusingkan…
Hmmm, itu tidak salah sih, ada benarnya juga ‘sedikit’, tapiii…intinya tidak seutuhnya sains seperti itu.

Sebagai seorang guru sains yang mengajar anak-anak, tentu aku tidak ingin anak-anak mengenal sains dari sisi yang ‘menyeramkan’ seperti anggapan kebanyakan orang (terkecuali orang-orang di negara maju yang sudah melek sains). Aku ingin mengenalkan sains pada mereka dari sisi yang menyenangkan dan sains itu dekat dengan kehidupan sehari-hari kita loh!

Maka butuh usaha lebih (bahkan ekstraaa) untuk mengemas sains menjadi kegiatan yang menarik, seru, mendorong rasa ingin tahu mereka, dan membuat anak-anak ketagihan untuk mengeksplor lebih jauh!

Salah satu caranya adalah melakukan eksperimen atau membuat karya sains yang bisa dihubungkan dengan kegiatan sehari-hari mereka. Kegiatan apakah itu? BERMAIN!

Yap, anak mana sih yang ga suka bermain, atau kalo kita orang dewasa diajak main pasti masih pada mau kan. Bermain itu identik dengan kegiatan yang menyenangkan, penuh canda dan tawa, dan ga perlu mikir berat-berat. Bermain ternyata bisa menjadi kegiatan pengantar untuk mengajak anak-anak berpikir lebih jauh dan lebih dalam. Bermain bisa juga sambil belajar. Bermain membuat anak-anak bebas mengekspresikan kreativitas mereka.

Nah, salah satu science project yang berkesan bagiku -karena ini dilakukan saat tahun pertama aku mengajar, yang aku benar-benar merasakan masih meraba-raba ritme mengajar- adalah BALLOON POWERED CAR.

Konsepnya sederhana banget, membuat mobil-mobilan dari barang-barang sederhana atau barang bekas kemudian mobil tersebut dapat digerakkan dengan menggunakan angin dari balon. Di science project ini, anak-anak belajar tentang energi gerak.

Hal lain yang bisa mereka eksplor lebih jauh adalah bagaimana membuat mobil bisa melaju kencang dan lurus, apakah itu dari jenis bahannya, bentuk mobilnya, atau hal lainnya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah belajar berbagi peran, komunikasi yang baik antaranggota kelompok, dan menuangkan ide kreativitas mereka dalam bentuk karya nyata!

Hasilnya? LUAR BIASA! Setelah mengerjakan berkelompok di sekolah, mereka diberi tugas membuat balloon powered car lagi di rumah bersama orangtua mereka, lalu di acara BIG DAY level 3 SD Mutiara Bunda, kami mengadakan BALLOON POWERED CAR RACING. Keren nan kreatif banget karya mereka!
Beberapa foto karya kreativitas dalam sains dan saat pada asyik berkegiatan BALLOON POWERED CAR RACING:

#level9 #day3 #Tantangan10Hari #ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP


Bandung, 2018
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama