BundSay Game 9 (day 3): Be Creative – Creativity
in Science Project (Part 1)
Bismillahirrahmanirrahiim...
Pada umumnya,
orang-orang beranggapan sains itu…
sulit, ngejelimet, dan penuh dengan
teori-teori yang memusingkan…
Hmmm, itu
tidak salah sih, ada benarnya juga ‘sedikit’, tapiii…intinya tidak seutuhnya
sains seperti itu.
Sebagai seorang
guru sains yang mengajar anak-anak, tentu aku tidak ingin anak-anak mengenal
sains dari sisi yang ‘menyeramkan’ seperti anggapan kebanyakan orang (terkecuali
orang-orang di negara maju yang sudah melek sains). Aku ingin mengenalkan sains pada mereka dari sisi yang menyenangkan dan
sains itu dekat dengan kehidupan sehari-hari kita loh!
Maka butuh
usaha lebih (bahkan ekstraaa) untuk mengemas sains menjadi kegiatan yang
menarik, seru, mendorong rasa ingin tahu mereka, dan membuat anak-anak
ketagihan untuk mengeksplor lebih jauh!
Salah satu
caranya adalah melakukan eksperimen atau
membuat karya sains yang bisa dihubungkan dengan kegiatan sehari-hari mereka.
Kegiatan apakah itu? BERMAIN!
Yap, anak
mana sih yang ga suka bermain, atau kalo kita orang dewasa diajak main pasti
masih pada mau kan. Bermain itu identik dengan kegiatan yang menyenangkan, penuh
canda dan tawa, dan ga perlu mikir berat-berat. Bermain ternyata bisa menjadi
kegiatan pengantar untuk mengajak anak-anak berpikir lebih jauh dan lebih
dalam. Bermain bisa juga sambil belajar. Bermain membuat anak-anak bebas
mengekspresikan kreativitas mereka.
Nah, salah
satu science
project yang berkesan bagiku -karena ini dilakukan saat tahun pertama
aku mengajar, yang aku benar-benar merasakan masih meraba-raba ritme mengajar-
adalah BALLOON POWERED CAR.
Konsepnya
sederhana banget, membuat mobil-mobilan dari barang-barang sederhana atau
barang bekas kemudian mobil tersebut dapat digerakkan dengan menggunakan angin
dari balon. Di science project ini, anak-anak belajar tentang energi gerak.
Hal lain yang
bisa mereka eksplor lebih jauh adalah bagaimana membuat mobil bisa melaju
kencang dan lurus, apakah itu dari jenis bahannya, bentuk mobilnya, atau hal
lainnya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah belajar berbagi peran, komunikasi
yang baik antaranggota kelompok, dan menuangkan
ide kreativitas mereka dalam bentuk karya nyata!
Hasilnya? LUAR BIASA! Setelah mengerjakan berkelompok di
sekolah, mereka diberi tugas membuat balloon
powered car lagi di rumah bersama orangtua mereka, lalu di acara BIG DAY
level 3 SD Mutiara Bunda, kami mengadakan BALLOON POWERED CAR RACING. Keren
nan kreatif banget karya mereka!
Beberapa foto karya kreativitas dalam sains dan saat pada asyik berkegiatan BALLOON POWERED CAR RACING:
#level9 #day3
#Tantangan10Hari #ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP
Bandung, 2018
Miranti
Banyuning Bumi
0 Komentar