Bismillahirrahmanirrahiim...

Tantangan ke dua di kelas Bunda Sayang IIP adalah melatih kemandirian.

Saya memutuskan untuk melatih (lagi) kemandirian kami (saya dan dua adik saya) dalam mengerjakan tugas rumah tangga secara bersama-sama a.k.a berbagi peran a.k.a gotong royong a.k.a kerja bakti, yes!



Karena kedua adik saya sempet ngekos maka kebiasaan mengerjakan tugas tangga jadi perlu pembiasaan lagi. Soalnya pasti beda kan ya tinggal sehari-hari dalam satu kamar dengan tinggal sehari-hari dalam satu rumah, tentu tugas rumah tangganya berbeda (lebih banyak :D dan lebih riweuh :p). Kalopun pulang ke rumah pas liburan, itupun ga lama pulangnya, ngerjain tugas rumah tangganya dirapel...hehe.

Fyi, sekarang saya tinggal bertiga bersama kedua adik saya, kami ngontrak bertiga. Yup! Akhirnya kami tinggal barengan lagi, karena walaupun sejak kuliah kami semua hijrah ke Bandung, tapi awalnya kami ga tinggal bareng. Saya tinggal sama Nenek, adik saya yang perempuan ngekos deket kampus (ITB), dan adik saya yang laki-laki ngekos deket kampusnya juga (Univ. TELKOM). Alhamdulillaah sekarang bisa dipersatukan lagi, hehe, bisa ketemu tiap hari, sebelumnya walau tinggal satu kota tapi paling ketemuannya week-end dan itupun ga tiap hari, heu. Karena sekarang tinggal 1 rumah lagi, maka tugas beberes rumah pun menjadi tanggung jawab bersama. Yes!

Kami pindah ke kontrakan baru ini 1 minggu sebelum lebaran, jadi baru aktif aktivitas setelah libur lebaran usai.

Agar lebih aware dengan tugas masing-masing, saya pun membuat daftar tugas rumah tangga a.k.a jadwal piket, hehe, terus ditempel deh di dinding biar jadi reminder.
Berikut perjanjian “Pembagian Tugas Rumah Tangga” yang telah disepakati bersama
Nyapu (disesuaikan)                                           : D, R, T (bergantian tiap minggu)
Ngepel (1 minggu 1x)                                         : D, R, T (bergantian tiap minggu)
Bersihin kamar mandi (1 minggu 1x)                   : D, R, T (bergantian tiap minggu)
Pesen air, gas, & listrik (disesuaikan)                 : D
Masak lauk                                                        : R (week-day) & T (week-end)
Masak nasi (tiap hari)                                        : D, R, T (bergantian tiap minggu)
Nyuci piring (tiap hari)                                      : D, R, T (bergantian tiap minggu)
Nyetrika (disesuaikan)                                       : R, T (bergantian tiap minggu)
Nyuci pakaian                                                   : masing-masing
Nyuci seprei (1 bulan 1x)                                   : D (1 bulan 1x)
Ket : D = Adan, T = Ita, R = Ira

Oiya tentang tolong menolong dalam keluarga ternyata ada hadistnya loh, insya Allah merupakan bagian dari sedekah
Siapa yang menolong saudaranya yang lain maka Allah akan menuliskan baginya tujuh kebaikan bagi setiap langkah yang dilakukannya.” (HR. Thabrani). 

#BunSayGame #Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #BunsayIIP #IIPBandung #InstitutIbuProfesional #ODOPfor99days

Bandung, Syawwal 1438 H (Juli 2017 M)
Miranti Banyuning Bumi

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama