Salah satu tugas rumah tangga yang perlu dirutinkan (bagi saya) adalah memasak sendiri. Yeay!

Pelajaran mandiri memasak ini secara tidak langsung diajarkan oleh mama. Beliau membiasakan saya dan adik-adik untuk menikmati dan memilih masakan rumahan daripada jajan di luar. Selain lebih terjamin kehalalan dan nutrisinya, lebih hemat juga pastinya, hehe. Ternyata kebiasaan memasak di rumah ini diturunkan dari eyang putri, begitulah kata mama, dulu salah satu cara eyang putri ‘melarang’ anak-anaknya jajan di luar adalah membuat sendiri cemilan rumahan, alasannya sama, selain lebih sehat juga biar lebih hemat, kebayangkan orang dulu punya banyak anak, kalo anak-anaknya suka jajan, yaaa lumayan banget budget hanya untuk jajan, mending masak sendiri aja!. Dan yang saya perhatikan pada tante-tante (adik-adik mama) juga pada suka masak, bahkan salah orang tante sengaja bikin masakan yang kemudian dijual di sekolahan anaknya, hehe, usaha catering kecil-kecilan. Selain bermanfaat buat diri sendiri bisa memberi manfaat pada orang lain... Masha Allah...

Kebiasaan memasak di rumah inilah juga yang membuat saya dan adik-adik suka kangen rumah, kangen masakan mama tepatnya, hehe. Dan setiap pulang ke rumah, pasti mama heboh masaknya, hampir non-stop, atau kalo isitirahat cuma sebentar terus tiba-tiba udah mejeng di dapur lagi... aaaaah mamaaa, you are always and forever the best mom in the universe for us!!!

Maka itulah yang berusaha saya dan adik-adik teladani saat kami tinggal bertiga, tugas masak adalah tugas saya dan adik saya yang perempuan (walaupun kadang-kadang kalo lagi busy mode: ON barengan yaa mau ga mau beli makanan di luar, hehe). Saya biasanya masak buat week-day sedangkan adik perempuan saya masak buat week-end. Sebenernya masakan yang kami buat yang simple ajaaa, yang tinggal plung2 kalo kata saya mah...atau tumis2an gitu, yang jangan sampe sejam lebih buat masaknya, hehe. Masakan andalan itu: sayur capcay/sayur sop/sayur asem/sayur bening bisa bayam, buncis, sawi/tumis kangkung/tumis toge, wortel+buncis bisa juga pake jamur/tahu, terus lauknya antara tahu/tempe/telor/nugget/perkedel, hehe. Kadang-kadang nasi goreng di pagi week-end. Sebenernya pengen coba berinovasi, tapi koq males ya kalo udah pulang kerja, capek gitu..., kecuali kalo lagi santai sepertinya asyik untuk melakukan uji coba di dapur... nyobain resep-resep baru atau bikin sendiri resepnya, hehe.

Oiya tentang kreativitas dalam memasak itu secara tidak langsung diajarkan oleh papa. Yup! Entah kenapa kalo papa yang masak suka ada bumbu atau bahan yang aneh (baca: beda) tapi Alhamdulilllaah nya rasanya ga ikutan aneh, malah enak dan bikin nagih...hehe. Bahkan kemaren sempet dbahas di grup bunsay tentang bapak-bapak yang memasak koq rasanya enak yaaa (malah beberapa berpendapat lebih enak? hehe, ibu-ibunya protes ga yaaah), tapi ada juga yang bilang kalo mungkin karena jarang masak jadi rasa yang berbeda itu bikin ‘fresh’. Intinya jangan takut menambahkan bumbu pada masakan (kata papa mah gitu, hehe), papa pernah bikin nasi goreng pake kunyit dan itu langsung bikin cita rasa dan enak dan pengen nambah...hehe, pernah juga papa bikin telur dadar tapi ditambahin banyak daun bawang dan sesuatu yang lain (lupa) dan rasanya enyaaak.

Well, kesimpulannya... resep rahasia memasak yang enak selain masakan rumahan (kualitasnya terjamin), berani berinovasi (kreativitas), adalah dilakukan sepenuh hati. Karena saya yakin saat kita memasak dengan hati yang tulus, menikmati setiap proses dalam memasak, hasilnya pun juga bikin yang makan tersentuh bukan hanya dengan rasanya tapi dengan aura dari masakannya.

#BunSayGame #Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #BunsayIIP #IIPBandung #InstitutIbuProfesional #ODOPfor99days

Bandung, Dzulqo’dah 1438 H (Juli 2017 M)
Miranti Banyuning Bumi

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama