Saya merasa sifat saya dengan kedua adik saya sangat berbeda! Saya tipe orang yang terorganisir, sistematis, suka beberes dan bebersih, paling tidak tahan jika ada barang yang terletak tidak pada tempatnya atau ada barang teronggok ga jelas siapa temannya, hehe. Sedangkan dua adik saya yang hampir sama sifat-sifatnya, merupakan orang yang random, bukan tipe yang sistematis atau terstruktur, tidak harus rapiii dulu segala sesuatunya sebelum melakukan aktivitas di dalam ruangan.



Well, maka apabila kami ingin menjaga kehidupan yang harmonis, apalagi sekarang tinggal satu rumah (lagi) dan kami sudah dewasa semua pasti ada kuncinya. Kebayangkan masing-masing punya ego, yang kalo diikutin bisa bikin mumet dan stress. Ternyata kuncinya adalah jangan terlalu menuntut, jangan memaksakan standarmu untuk orang-orang di sekitarmu.

Bagi saya yang mau barang-barang serba rapi, tertata, dan bersih, hal itu berlaku untuk barang-barang milik saya sendiri dan barang-barang milik pribadi, sedangkan barang-barang pribadi milik kedua adik saya yaa urusan berbeda lagi..., kadang-kadang saya ingatkan tapi dengan cara yang santai (baca: tidak menuntut harus segera rapi dan tertata sesuai dengan harapan saya). Untuk barang-barang milik bersama, masing-masing dari kami sudah sadar dan bertanggung jawab untuk meletakkan pada tempatnya. Untuk hal bebersih rumah dibuatlah piket tugas rumah tangga.

Kunci lainnya adalah bersikap toleran. Kadang kalo saya udah gatel melihat sesuatu tidak pada tempatnya, yaaa saya beresin aja, toh kalo mereka bertanya-tanya pada kemana barang-barang yang tampak ‘hilang’, mereka akan bertanya ke saya...hehe. Intinya tidak langsung marah-marah sih (walaupun kadang juga pernah beberapa kali tidak terkontrol... Astaghfirullah), kalo merasa mau ngeberesin yaaa beresin aja, sambil diniatkan kerjaannya bernilai amal sedeqah karena menjaga rumah tetap rapi dan nyaman.

#BunSayGame #Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #BunsayIIP #IIPBandung #InstitutIbuProfesional #ODOPfor99days

Bandung, Syawwal 1438 H (Juli 2017 M)
Miranti Banyuning Bumi

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama