Dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu ia berkata: Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah, namun pada masing-masing (dari keduanya) ada kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan menjadi lemah. Jika kamu ditimpa sesuatu, jangan berkata seandainya aku berbuat begini, maka akan begini dan begitu, tetapi katakanlah Allah telah menakdirkan, dan kehendak oleh Allah pasti dilakukan. Sebab kata ‘seandainya’ itu dapat membuka perbuatan setan.” [HR. Muslim].

Dari hadist di atas membuat saya berpikir tentang definisi kuat itu seperti apa, bagi saya salah satu kekuatan seseorang adalah kemandirian, dan efek kemandirian itu insya Allah bisa seperti yang saya tulis di judul “Healthy Home, Happy Family”.



Kenapa healthy home? Karena kemandirian yang saya angkat di tugas ini adalah kemandirian dalam mengerjakan tugas rumah tangga.  Tugas rumah tangga yang terkadang jika tidak dibiasakan sedari kecil mungkin akan terasa sebagai beban, tapi jika dibiasakan sejak kecil jadi hal rutin yang bisa dinikmati. Tugas rumah tangga yang mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang dan bisa dikerjakan oleh ART, tapi sesungguhnya ada nilai-nilai berharga yang terkandung di dalamnya, seperti kedisiplinan dan kesadaran untuk menjaga kebersihan. Dan tujuan lainnya pengerjaan tugas rumah tangga itu adalah agar rumah menjadi tempat yang sehat untuk ditinggali.

Kenapa happy family? Karena itu seperti harapan semua keluarga, menciptakan suasana yang bahagia di rumah. Kebahagiaan itu bersumber pada rasa syukur kita. Dan bagi saya salah satu bentuk rasa syukur adalah dengan menjalankan tugas sekecil apapun sebaik-baiknya. Jadi jika Allah memberikan kesempatan untuk tinggal di suatu rumah maka secara otomatis tugas untuk menjaga kebersihan rumah itu diberikan kepada kita pula. Dan jika kita bisa menjalankan dengan baik insya Allah rasa bahagia itu tumbuh.

Semoga istiqomah yaa menjalani kemandirian pekerjaan tugas rumah tangga!!!


#BunSayGame #Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #KuliahBunsayIIP #BunsayIIP #IIPBandung #InstitutIbuProfesional #ODOPfor99days

Bandung, Dzulqo’dah 1438 H (Juli 2017 M)
Miranti Banyuning Bumi


Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama