Jika di postingan sebelumnya saya mengangkat judul kemandirian pada laki-laki. Kali ini saya mengangkat kemandirian pada perempuan. Yang ada di benak saya tentang perempuan yang mandiri khususnya dalam pekerjaan rumah tangga adalah ibu-ibu rumah tangga di jepang, entah kenapa IRT di jepang (disebut mamatachi) terlihat sangat cekatan dalam melakukan tugas-tugas rumah tangganya *aaah jadi teringat film Tokyo Tower: Mom and Me, and Sometimes Dad yang sediiiih banget itu T_T. Atau intinya di film-film jepang gitu (walaupun saya bukan maniak film jepang) tapi setiap nonton drama jepang, selalu ada peran ibu-ibu rumah tangga yang pekerja keras dan ulet banget mengerjakan pekerjaan rumah tangga, saluttt!!!


Tapi dalam kehidupan sehari-hari, tentu yang paling menginspirasi saya adalah my lovely mom. Walaupun kami pernah dibantu oleh ART (terutama saat usia kami masih ada yang balita dan ketika papa sedang S2 lagi) tapi setalah usia SD saya ingat banget kalo pekerjaan beberes rumah tangga adalah pekerjaan bersama. Biasanya gotong royong itu kami lakukan saat week-end, di pagi hari sebelum mulai aktivitas liburan masing-masing/bersama, aktivitas beberes wajib dilaksanakan!, hehe.


Saya jadi teringat saat-saat kami tinggal berempat untuk sementara waktu karena papa kuliah lagi. Pernah saat itu saya dan kedua adik saya sakit berbarengan, huwaaa gak kebayang rewelnya kami yang masih kecil (saya lupa usia tepatnya berapa). Tapi yang saya ingat ketika malam hari saya terbangun, dan gak sengaja mendengar mama sedang menelepon papa sambil menangis (mungkin mama curhat yaaa ini anak-anaknya lagi pada sakit, belahan hatinya sedang berada jauuuuh...aaah T_T). Tapi keesokan harinya saya melihat mama begitu kuat, sibuk seperti biasa melakukan pekerjaan rumah tangga, dan melayani kami yang sedang sakit dengan sepenuh hati (gosokin badan kami pake minyak kayu putih, gantiin baju dan dibedakin, nyiapin makanan dan dulangin kami, aaaah manja banget deh kalo lagi sakit...hwaaaa our mom is the best in the universe!). Sampe sekarang juga kalo lagi sakit tuh pasti yang dikangenin belaian tangan mama T_T T_T T_T.



Aaaah darisanalah saya benar-benar terinspirasi untuk menjadi wanita tangguh, yang tetap lembut penuh kasih sayang serta mandiri, selalu punya banyak stock “smile” apa pun keadaannya. Salah satu contohnya ketika salah satu dari kami sakit, maka yang sedang sehat akan otomatis melayani yang sakit, ditanya mau makan apa, dipijetin atau digosok-gosok pake yang hangat, dipeluuuk... Yup itulah salah satu nilai yang our beloved mom tanamkan pada kami. Be STRONG, girls!!! *melting dan mewek mode: ON

Bandung, Dzulqo’dah 1438 H (Juli 2017 M)
Miranti Banyuning Bumi

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama