Bismillahirrahmanirrahiim...

Saat membaca judul materi 5 kelas bunda sayang ini langsung berbinar-binar banget karena tentang membaca!!! Materi favorit deh kalo berhubungan dengan buku, salah satu hobi yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, bisa sendirian menyepi atau bisa bareng-bareng di tempat terbuka.

Yap, judul materi ke 5 ini adalah “Menstimulasi Anak Suka Membaca”, kebayangkan untuk membuat anak suka membaca tentu harus dimulai dari (calon )orangtuanya dulu donk yang suka membaca. Suka di sini berarti sesuatu yang dilakukan tanpa terpaksa ya, kegiatan tersebut menjadi sangat dinikmati bahkan dirasa menjadi suatu kebutuhan, bukan sekedar baca cepat tapi ketika ditanya apa arti bacaan yang telah dibaca “hmmm ga tahu”. Duh jangan sampai deh, bukan tentang kuantitas bacaan tapi tentu saja kualitas bacaan.

Ternyata keterampilah membaca itu adalah salah satu tahap dari keterampilan berbahasa. Iya benar! Salah satu tahap loh, yang artinya ada tahap-tahap lain yang perlu kita cermati bersama.

Tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Keterampilan mendengarkan (listening skills)
b. Ketrampilan Berbicara (speaking skills)
c. Ketrampilan Membaca (reading skills)
d. Ketrampilan Menulis (writing skills)

Dari urutan tersebut dapat kita lihat bahwa “Mendengarkan dan berbicara adalah tahap yang harus dilewati dalam menstimulasi anak-anak agar suka membaca.

Nah, tantangan kulian Bunsay kali ini adalah:
 Jadwalkan family reading time, membacalah bersama anggota keluarga
 Buatlah pohon literasi untuk masing-masing anggota keluarga, rimbunkan dengan judul buku yang telah dibaca
 Diskusikan dengan anggota keluarga tentang buku yang telah dibaca, gunakan untuk menambah pengetahuan dan merekatkan hubungan dengan anggota keluarga lainnya

👰🏻 Bagi anda yang belum menikah
📖 Membacalah!
📷 Dokumentasikan kegiatan membaca anda
📝 Rimbunkan pohon literasi dengan buku-buku yang sudah anda baca.

Bagi saya Alhamdulillaah membaca sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, biasanya waktu yang rutin itu setelah maghrib, menunggu isya membaca buku-buku Islami; baru pulang kerja sempetin juga baca buku random beberapa halaman, kalo lagi mood banget biasanya begadang baca buku yang bikin penasaran.
Salah satu aplikasi yang saya gunakan untuk mendokumentasikan kegiatan membaca adalah goodreads, di sana saya bisa memasukkan buku ke dalam rak virtual (currently reading, to read, dan read).
Rencananya kalo untuk pohon literasi mau saya modifikasi jadi rumah balon literasi, hehe. Terinspirasi dari film dan studio animasi favorit >> UP (rumahnya Mr. Frederickson). Can’t wait to start!!!

#level5 #day1 #Tantangan10Hari
#Iqra #Bacalah #SukaMembaca #KuliahBunsayIIP
#BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP


Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama