BundSay Game 7 (day 11): Semua Anak adalah Bintang - Ketagihan Mengajar (Anak-anak)


Bismillahirrahmanirrahiim...
Baru tantangan kali ini nih bisa lebih dari 10 hari menulis berturut-turut. Alhamdulillaah, sepertinya efek ikut 30haribercerita (di Instagram) dan ODOPfor99days juga ini, barakallah buat orang-orang yang berada di balik ide keren itu! Selain itu, tema tugas kali ini juga menarik banget banget banget: “menceritakan aktivitas yang membuat anda berbinar binar” >> banyak ini mah idenya, hihihiii.

“Bu Mirantiii…, kapan kita belajar sains lagi?”
“Bu Mirantiii…, semester ini kita mau eksperimen apa aja?”
“Yaaah koq udah selesai belajarnya, mau lagiiii bu, seruuu!”
“Bu Mirantiii, duh kapan sih belajar sainsnya sama Bu Miranti.” –dengan ekspresi wajah memelas– (kata salah satu anak kelas 3 yang sepertinya dapet cerita dari kakaknya yang sudah kelas 6 tentang kegiatan belajar sains bersamaku…hehe *GeEr*)

Itu adalah beberapa komentar yang diucapkan dari anak-anak didikku… Duuuh selain membuat mata berbinar-binar, hati juga berbunga-bunga, bahkan kadang mata ini juga menelaga *terharu*.


Kaliaaan ‘monster kecil’ yang bisa aja membuat emosi naik-turun seperti roller coaster, mau marah jadi ketawa atau mau senyum jadi nangis *diam-diam*.

Ternyata butuh waktu setahun…dua tahun…dan kini jalan tahun ketiga aku mengajar untuk benar-benar mengakui: 
“AKU SUKAAA MENGAJAR, aku menikmati saat-saat berbagi cerita dan ilmu, terutama saat-saat wajah-wajah antusias dan mata-mata bening itu menatapku dengan terpesona, aaah energi positif kalian menularrr, melembutkan dan menghangatkan hatiku.”

Allah super baiiik menempatkanku di sini, banyak nilai-nilai kehidupan yang rasanya selama ini ‘kulupakan’ lalu Allah kasih kesempatan untuk menyegarkan lagi rasa itu, Alhamdulillaah bisa mengajar sekaligus belajar di tempat yang nyaman dan baik seperti ini. Meskipun aku tak tahu apakah ini bakal berlangsung lama atau aku akan kembali ke jalan awal yang ku pilih…aaah Allah Maha Tahu yang terbaik bagiku *istikharah lagi ya mirrr*

Sejak mengajar aku pun semakin merasa tertarik dengan dunia pendidikan terutama dengan tantangan fenomena ‘kids zaman now’ dan dunia parenting. Maka akupun yang merasa ‘ga tau apa-apa’, saat mulai mengajar mulai memotivasi dan memaksakan diri sendiri untuk belajar mandiri dari berbagai sumber: buku, internet, ngobrol langsung dengan teman-teman sesama pengajar, serta ikut berbagai seminar/konferensi juga bergabung di komunitas.

Alhamdulillaah jaadi teringat perkataan salah satu guru senior saat training sebelum mulai mengajar: “Menjadi guru itu seperti belajar menjadi orangtua.” jadi insya Allah ga akan ada ruginya, bisa jadi ilmu yang bermanfaat yaa.


Pengalaman yang paling berkesan saat mengikuti konferensi yang berkaitan dengan pendidikan “Temu Pendidik Nusantara” sedang aku tulis cerita lengkapnya *tinggal sedikit lagi insya Allah segera diposting juga di blog*; sedangkan ilmu yang paling berkesan saat mengikuti seminar parenting bisa cek di sini.

Insya Allah ke depannya bakal terus rajin up grade ilmu tentang parenting dan pendidikan, udah terlanjur nyemplung kan, ya sudah biar basah sekalian. Belajar ga boleh nanggung!



#level7 #day11 #Tantangan10Hari #BintangKeluarga
#KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP

Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama