Bismillahirrahmanirrahiim...

Yeaaay! Akhirnya bulan ini bisa menyelesaikan (lagi) tantangan 10 hari menulis di kuliah Bunda Sayang IIP, setelah bulan kemaren missed :(
Ini adalah tulisan penutup yang membahas tentang mengamati gaya belajar (diri sendiri karena masih single, hehe).
***************************************************************************************************************

Saat mengajar sains di kelas, beberapa anak suka protes “Bu, kenapa videonya pake english terus...”
Yang membuat saya melakukan kontemplasi, aaah animasi-animasi buatan luar emang bagus sih, penjelasannya juga pas buat anak-anak (anak-anak bule tentunya :p) dan pastinya dengan animasi yang menarik membuat anak-anak ga cepet bosen terus bisa lebih nempel di pikiran mereka (insya Allah). Jadi saat di kelas, kami menyaksikan video sambil beberapa kali di-pause untuk menterjemahkan dan mengecek apakah mereka sudah paham, kemudian diakhiri dengan me-review apa yang didapat dengan membuat mind-map di papan tulis. Sekalian kan karena videonya in english jadi anak-anak latihan listening, hehehe.

Ternyata…sebenernya…saya pun juga dapat pemahaman baru karena menonton video-video tersebut (tipe visual banget, lebih cepet paham kalo melihat gambar, apalagi animasi jadi lebih seru lagi). Karena sebelum ditampilkan ke anak-anak pasti saya tonton dulu sambil memikirkan bagaimana menyampaikan dan menterjemahkan dengan bahasa yang tidak kaku ke anak-anak. Jadi saya seolah-olah membayangkan saat mengajar nanti bagian mana yang harus di-pause, bagian mana yang perlu penekanan, bagian mana yang akan dijelaskan lebih dalam, bagian mana yang mereka baru di tahap sekedar tahu, dst….

Oke, di postingan kali ini saya ingin berbagi animasi-animasi keren favorit saya, yang selain mendapat hiburan juga mendapat nilai-nilai insya Allah:

GHIBLI

Aaaah rasanya baru kemaren ke ghibli exhibition, jadi pengen lagiii. Setelah nonton pameran langsung bikin list film-film ghibli yang belum ditonton yang kemaren bikin penasaran. Kenapa saya suka ghibli? Karena nilai-nilai humanis yang terkandung dalam filmnya selalu menyentuh, ceritanya sederhana bisa jadi tontonan bersama keluarga, gambarnya aman buat anak-anak, ceritanya selalu sukses menggabungkan sisi imajinatif dengan sisi real, intinya bagi saya heartwarming banget ceritanya…

PIXAR

Hmmm gimana ya menjelaskan tentang pixar, hehe. Pertama kali suka banget sama pixar gara-gara nonton toy story, koq bisa kepikiran ya cerita tentang boneka-boneka yang bisa berbicara dan melakukan petualangan! Lalu ada monster inc. Entah kenapa film itu sesuatu banget, walaupun judulnya monster, tapi kisahnya tentang persahabatan yang menyentuh, so sweet… Dan film the most favorit di antara favorit adalah wall-E, ga bosennn nonton berulang kali, tulus banget perasaan wall-E ke eve. Eh film UP juga ga kalah romantis! Aaah semua film pixar deh juara menyentuh hati!

FREE QURAN EDUCATION

Nah ini favorittt banget. Kadang kita (baca: saya) suka ngantuk yaa kalo mendengarkan kajian Islam, apalagi kalo misalnya sampai berjam-jam, duh…kadang ga kuat… Alhamdulillaah karena ada channel ini, mendengarkan kajian jadi lebih “nagih” di saat-saat luang, karena durasinya pendek (3-5 menit sebagian besar) tapi tetep esensinya dapet. Tapi tetep yaaa menghadiri kajian di majelis ga akan tergantikan, akan ada efek yang berbeda dan pahala yang berbeda juga insya Allah.

TEDed

Well, karena salah satu amanah yang sekarang sedang saya jalankan adalah menjadi guru sains, maka sangat penting untuk tahu berita update tentang sains dan berpikir bagaimana cara menyampaikan dengan cara yang menarik. Salah satu sumber yang oke bingits adalah ini TEDed!!!

Crash Course and Crash Course Kid

Salah satu sumber kebahagiaan ketika mengajar adalah saya merasa jadi ketularan semangat belajar dari anak-anak, ketularan mempertanyakan banyak hal, membangkitkan kembali rasa ingin tahu (walaupun tetep tidak sebesar milik anak-anak, kid curiosity is always amazing!), dan akhirnya jadi menemukan banyak sumber belajar yang menyenangkan di internet. Yeay ikutan belajar! Yup, ini adalah salah satu video belajar favorit yang teratas >> crash course. Semoga nanti ada yang berbahasa Indonesia yaaa, agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak.




#level4 #day10 #Tantangan10Hari #GayaBelajarAnak #KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP

Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama