BundSay Game 4 (day 1): Gaya Belajar - Combination of Visual and Kinesthetic

Bismillahirrahmanirrahiim...

Saya selalu merasa tertarik ketika mendapat tugas mengamati sesuatu. Yup! I’m natural observer!

Apalagi kali ini tugasnya adalah mengamati gaya belajar, bagi yang sudah memiliki anak maka yang diamati adalah anak sendiri, bagi yang masih single-lillah (seperti saya, hehe) maka yang diamati adalah diri sendiri dan orang terdekat (insya Allah akan mengamati de ita dan adan, serta beberapa anak di sekolah tempat mengajar).
Aaah balajar... Kata yang bisa menjadi sangat menarik sekaligus membosankan sekaligus menantang.

Kalau membayangkan belajar itu hanya sekedar duduk di kursi, di dalam kelas, mendengarkan guru ‘berceramah’, mencatat berlembar-lembar... Belajar jadi aktivitas yang (sangat) membosankan...

Tapi kalau membayangkan belajar di luar sambil menikmati alam, mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke lautan #eh lagu apa ya ini :p, intinya kalo belajar sambil jalan-jalan atau sambil bermain, atau melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar, bereksperimen di laboratorium... Aaah belajar itu (sangat) menyenangkan...


Dari sana saya sudah bisa membuat kesimpulan awal bahwa saya tipe kombinasi (visual dan kinestetik), saya merasa lebih cepat memahami sesuatu ketika mata saya terstimulasi dengan baik, sambil melihat pemandangan yang berwarna-warni, atau sambil merasakan hangatnya sinar matahari, lembutnya semilir angin, segarnya udara pagi, intinya harus bergerak mencoba sesuatu yang sedang dipelajari, biasanya Alhamdulillah materi/hikmah kehidupan bisa lebih nancep dalam hati dan pikiran :)


Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama