BundSay Game 4 (day 8): Gaya Belajar - Experiment in The Lab

Bismillahirrahmanirrahiim...

Kyaaaa EKSPLORASI dan EKSPERIMEN adalah saat-saat yang anak-anak tunggu di materi pelajaran sains. Yup! Alhamdulillaah sudah 2 tahun lebih beberapa bulan ini saya mendapat amanah menjadi guru sains kelas 5 dan 6 di SD Mutiara Bunda.

Yang ternyata selain ditunggu-tunggu oleh anak-anak, juga dinanti-nanti oleh gurunya (baca: saya), haha. Walaupun riweuh di awal persiapan dan akhir beres-beres. Tapi tetap ada keseruan tersendiri dalam menjalani semua urutan tadi.

Bagi anak-anak, saat melakukan eksperimen selain mereka belajar sains, juga melatih kemampuan motorik halus mereka. Beberapa eksperimen menuntut anak-anak untuk ekstra hati-hati, belajar sabar, dan cermat dalam mengamati.

Selain mengajar di kelas, saya juga mendapat amanah membersamai anak-anak di klub prestasi COSMIC (collaboration of science and mathematics club). Di klub ini tantangannya lebih besar, karena sebagian besar anak-anak memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan wawasan sainsnya cukup luas, jadi pertanyaan-pertanyaan mereka selalu luar biasa dan “out of the box”. Kyaaa gurunya jadi banyak belajar lagiiii!!!

Awalnya tentu saja berat karena belum ada pengalaman dan background pendidikan, tapi Alhamdulillaah berusaha “learning by doing”, tanya sana sini, belajar dari berbagai media (buku dan tentu saja internet!), membuat catatan sumber belajar yang menarik, dst. Intinya harus mau menyediakan waktu lebih untuk belajar sebelum mengajar!!!

Salah satu website favorit yang juga ada youtube channel-nya adalah sickscience by Steve Spangler. Dari sana saya menemukan puluhan website menarik lainnya, aaah harta karun buat seorang guru deh... Alhamdulillaah...


Strawberry DNA - Sick Science! #114


Banyak ide eksperimen sederhana dari sana yang bisa dicoba di kelas maupun di rumah, intinya sains jadi terlihat seru dan menyenangkan (dibalik teori-teorinya yang rumit, hehe)

Ternyata kalo dilihat dari gaya belajar saya, memang saya tipe kinestetis. Saya merasa lebih mudah memahami sesuatu jika sambil dilakukan (baca: praktik). Ini juga sesuai dengan minat saya sejak kecil >>> NATURAL SCIENCE.

Jadi sekarang saya berusaha membuat anak-anak yang belajar sains bersama saya juga bisa menikmati keseruan sains melalui berbagai macam eksperimen.

#level4 #day8 #Tantangan10Hari
#GayaBelajarAnak #KuliahBunsayIIP
#BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP


Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama