BundSay Game 4 (day 6): Gaya Belajar - Sleeping in The Dark

Bismillahirrahmanirrahiim...

Kalo baca judulnya pasti agak membingungkan yaaah, apa hubungannya coba antara gaya belajar dengan ‘sleeping in the dark’ (tidur di tempat yang gelap)?

Tapi bagi saya dengan tidur yang berkualitas maka insya Allah waktu produktif pun juga jadi berkualitas. Dan salah satu cara untuk menghasilkan tidur yang berkualitas adalah dengan tidur dalam kondisi ruangan yang gelap.

Sebenernya ini timbul dari kebiasaan sejak kecil, orangtua saya membiasakan saya tidur dengan lampu yang dipadamkan. Walaupun setelah tumbuh besar dan pernah nginep di beberapa rumah teman, jadi tahu bahwa tidak semua orang terbiasa tidur dalam keadaan gelap. Padahal apabila mereka tahu manfaat tidur dalam gelap (selain menghemat energi tentunya, hehe), saya yakin mereka akan berusaha membiasakan diri tidur dalam gelap demi alasan kesehatan.

Berdasarkan baca-baca beberapa artikel, saya mendapatkan beberapa poin penting, yaitu:

Sleep quality is just as important as quantity- and you can improve the quality of your sleep by how much light is in the room.

Light inhibits the secretion of melatonin, a hormone that naturally promotes sleep. "Even if you doze off, light can be detected through your eyelids—and your brain won't produce melatonin if it's confused between night and day," says Joyce Walsleben, PhD, associate professor at the New York University School of Medicine. "You want as much darkness in your bedroom as you can handle without tripping over things."

Ternyata dari segi sains, ketika kita tidur dalam keadaan gelap maka tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan mengontrol siklus menstruasi. Selain itu melatonin juga menurunkan tekanan darah, level glukosa dalam darah, dan suhu tubuh, yang artinya memberikan kita tidur yang berkualitas agar ketika bangun dalam keadaan yang fresh.

Bagi saya yang tipe visual sangatlah penting mengistirahatkan mata saat tidur, karena jika masih ada cahaya rasanya saya masih bisa membayangkan dengan jelas ada apa saja di sekitar saya. Jadi agar bisa tidur seutuhnya maka cahaya dikurangi semaksimal mungkin.



#level4 #day6 #Tantangan10Hari
#GayaBelajarAnak #KuliahBunsayIIP
#BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP

Bandung, 2017
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama