Let's Play with Oobleck
Oobleck – Antara Padat dan Cair
Miranti Banyuning Bumi


Pernahkah kamu melihat pasir isap? Terlihat mengerikan ya. Karena ketika seseorang tidak sengaja menginjak pasir isap, maka ia tidak bisa kemana-mana. Jika ia bergerak, maka pasir isap akan segera menelannya hidup-hidup dengan cepat. Jika ia diam menunggu pun, pasir isap juga akan menelannya dengan pelan-pelan. Tapi kalau di film the Croods, ternyata bisa loh melepaskan diri dari pasir isap, dengan bantuan Macawnivore (si kucing raksasa) yang tentunya tenaganya sangat kuat.

Atau pernahkah kamu membayangkan berjalan di atas air? Mungkin setelah melihat film Kung Fu atau pahlawan dengan kekuatan super. Meskipun kamu tahu itu mustahil, tapi tetap saja menarik untuk dibayangkan.
Nah ternyata kita bisa membuat benda yang mirip dengan pasir isap kemudian kita dapat berjalan di atasnya, seolah-olah kita berjalan di atas air.

Benda itu adalah Oobleck. Nama yang unik ini berasal dari buku Dr. Seuss yang berjudul “Bartholomew and the Oobleck” [1].

Oobleck merupakan sebuah benda yang dapat berubah menjadi cair dan dapat berubah pula menjadi padat. Wow! Seperti sulap ya?

Tahukah kamu bahwa Oobleck merupakan salah satu fenomena sains yang dikenal dengan fluida non-Newtonian?

Apakah fluida non-Newtonian itu?
Semua fluida memiliki sifat yang bernama viskositas. Viskositas adalah ukuran kekentalan, seberapa cepat atau lambat suatu fluida mengalir [2]. Salah satu contoh fluida adalah cairan. Madu dan kecap merupakan cairan yang memiliki viskositas yang tinggi; air memiliki viskositas yang rendah. Sir Isaac Newton mengatakan bahwa viskositas dipengaruhi oleh temperatur. Jadi, ketika kita memanaskan madu, maka viskositasnya dapat menurun, karena madu yang dipanaskan akan mengalir lebih cepat daripada madu yang didinginkan. Dalam hal ini, viskositas Oobleck tidak berubah saat diberi perubahan temperatur, namun dapat berubah ketika diberi tekanan/gaya. Karena karakteristiknya yang unik inilah Oobleck digolongkan fluida non-Newtonian [3].

Bagaimana cara membuat Oobleck?
  • Bahan-bahannya ternyata sangat sederhana dan dapat kita temukan di rumah, yaitu air dan tepung jagung (maizena) dengan perbandingan 1:2, serta pewarna makanan (jika kamu ingin Oobleck buatanmu berwarna) [4].
  • Lalu siapkan alat yang hanya terdiri dari mangkok.
  • Tuangkan tepung jagung ke dalam mangkok dan tambahkan sedikit demi sedikit air yang telah diberi pewarna makanan, lalu aduk dengan menggunakan tangan (karena lebih mudah dan tentu saja lebih menyenangkan!) hingga campuran merata (kekentalannya seperti madu).
  • Jika menurutmu campuran terlalu kental, kamu bisa menambahkan air. Jika menurutmu campuran terlalu basah, kamu bisa menambahkan tepung jagung.




Sangat mudah bukan untuk membuatnya? 
Setelah itu, kamu bisa melakukan eksplorasi pada Oobleck buatanmu. 
Cobalah untuk membentuk adonan seperti bola lalu diamkan di telapak tanganmu. Apa yang terjadi? 
Kemudian cobalah untuk memukul permukaan Oobleck dengan tangan terkepal. Apa yang terjadi?
Ketika kamu mendiamkan adonan tersebut di atas telapak tangan, adonan yang padat berubah menjadi cair lalu dengan mudah mengalir di antara sela-sela jarimu seperti air. Hal ini disebabkan oleh perlakuan didiamkan atau diberi gerakan perlahan memberi waktu pada partikel-partikel tepung jagung untuk bergerak lebih bebas, atau disebut mengalir.
Ketika kamu memukul permukaan Oobleck dengan tangan terkepal, adonan yang tampak cair berubah seketika menjadi padat. Hal ini disebabkan oleh perlakuan diberi tekanan membuat partikel-partikel tepung jagung merapat.
Jadi jika kamu ingin merasakan sensasi berjalan di atas air, kamu bisa membuat kolam Oobleck, lalu berlarilah di atas permukaannya, menarik kan?
Kamu bisa bersenang-senang di atas kolam Oobleck, tidak hanya berlari, tapi juga menari, bermain sepak bola, bahkan mengendarai sepeda. Tapi ingat ya, untuk menjaga agar Oobleck tetap berada dalam kondisi padat, kamu harus bergerak aktif. Karena ketika kamu berjalan lambat atau diam, maka Oobleck akan berubah menjadi cair dan akan menelanmu seperti pasir isap.

Catatan: Oobleck tidak beracun, tapi tetaplah berhati-hati selama melakukan setiap eksperimen sains. Berhati-hatilah agar tidak terkena mata dan cucilah tanganmu setelah membuat Oobleck.

Video menarik tentang Oobleck

What Kind of Liquid Lets You Run Across Its Surface? | Street Science


Dropping Oobleck off a building + Shooting Oobleck! - SMS#5


Tulisan ini juga di-publish di:
http://sainspop.com/oobleck-antara-padat-dan-cair/

Referensi
[1] Geisel, Theodore Seuss (Dr. Seuss). “Bartholomew and the Oobleck.”




Tags: Lifelong learner

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama