BundSay Game 9 (day 5): Be Creative – Creativity in Science Project (Part 3)

Bismillahirrahmanirrahiim...

Sudah menjadi fitrah setiap anak bahwa mereka suka bermain. Maka apabila kegiatan belajar dikemas sedemikian rupa (baca: kreatif) sehingga seolah-olah seperti sebuah permainan yang menyenangkan, insya Allah anak-anak pun akan menikmati proses belajar mereka. Apabila proses belajar itu mereka nikmati, insya Allah mereka dapat menyerap ilmu dan hikmah yang disampaikan dengan hati dan pikiran yang terbuka. Karena sesungguhnya belajar pun adalah fitrah setiap anak.

Tapi ternyata untuk memilih kegiatan belajar seperti sebuah permainan yang menyenangkan tidaklah mudah. Seperti yang saya alami saat mengajarkan sains. Bagi saya, salah satu tantangan dalam mengajarkan sains adalah bagaimana menumbuhkan rasa ingin tahu anak didik di awal pembelajaran. Karena tidak semua anak memiliki wawasan sains yang cukup untuk bersemangat memulai petualangan menjelajahi dunia sains. Saya berharap rasa ingin tahu yang besar itulah yang akan menjadi bahan bakar mereka untuk merdeka belajar apapun kesulitan yang dihadapi.

Kisah yang ingin saya bagikan di sini adalah saat mengajarkan materi sistem pencernaan manusia pada anak-anak kelas 5. Tujuan belajar materi ini adalah agar anak-anak memahami organ-organ dan proses sistem pencernaan pada tubuhnya sehingga lebih menghargai tubuhnya dan bisa menjaga dengan baik sebagai bentuk tanda syukur kepada Sang Pencipta.

Salah satu kegiatan pada materi sistem pencernaan ini adalah...

🌰Making the Science Project: Our Digestive System Model🌰

Ini adalah inti kegiatan pembelajaran materi sistem pencernaan, dengan membuat karya maka mereka akan berusaha mengingat kembali informasi yang sudah didapatkan sebelumnya, berusaha menggambarkan organ-organ sistem pencernaan dan mengingat serta menulis fungsi setiap organ.

Tujuannya adalah saya ingin anak-anak dapat mengingat proses pencernaan dalam tubuh dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Selain itu karena ini adalah tugas berkelompok maka anak-anak dilatih kemampuan bekerja sama, kepemimpinan, dan kemampuan berbagi peran.


Tulisannya selengkapnya saya tuliskan di buku Merdeka Belajar di Ruang Kelas.

Yang penasaran dengan cerita saya dan teman-teman Komunitas Guru Belajar bisa membeli buku ini secara on line di:

Fyi, nemu yang lucu buat belajar tentang tubuh sama anak-anak:




#level9 #day5 #Tantangan10Hari #ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP #BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP

Bandung, 2018
Miranti Banyuning Bumi

Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama