BundSay Game 9 (day 5): Be Creative – Creativity
in Science Project (Part 3)
Bismillahirrahmanirrahiim...
Sudah menjadi
fitrah setiap anak bahwa mereka suka bermain. Maka apabila kegiatan belajar
dikemas sedemikian rupa (baca: kreatif) sehingga seolah-olah seperti sebuah
permainan yang menyenangkan, insya Allah
anak-anak pun akan menikmati proses belajar mereka. Apabila proses belajar itu
mereka nikmati, insya Allah mereka
dapat menyerap ilmu dan hikmah yang disampaikan dengan hati dan pikiran yang
terbuka. Karena sesungguhnya belajar pun
adalah fitrah setiap anak.
Tapi ternyata untuk memilih kegiatan
belajar seperti sebuah permainan yang menyenangkan tidaklah mudah. Seperti yang saya alami saat
mengajarkan sains. Bagi saya, salah satu tantangan dalam mengajarkan sains
adalah bagaimana menumbuhkan rasa ingin tahu anak didik di awal pembelajaran.
Karena tidak semua anak memiliki wawasan sains yang cukup untuk bersemangat
memulai petualangan menjelajahi dunia sains. Saya berharap rasa ingin tahu yang besar itulah yang akan menjadi bahan bakar
mereka untuk merdeka belajar apapun kesulitan yang dihadapi.
Kisah yang
ingin saya bagikan di sini adalah saat mengajarkan materi sistem pencernaan
manusia pada anak-anak kelas 5. Tujuan belajar materi ini adalah agar anak-anak
memahami organ-organ dan proses sistem pencernaan pada tubuhnya sehingga lebih
menghargai tubuhnya dan bisa menjaga dengan baik sebagai bentuk tanda syukur
kepada Sang Pencipta.
Salah satu
kegiatan pada materi sistem pencernaan ini adalah...
🌰Making the Science
Project: Our Digestive System Model🌰
Ini adalah
inti kegiatan pembelajaran materi sistem pencernaan, dengan membuat karya maka
mereka akan berusaha mengingat kembali informasi yang sudah didapatkan
sebelumnya, berusaha menggambarkan organ-organ sistem pencernaan dan mengingat
serta menulis fungsi setiap organ.
Tujuannya
adalah saya ingin anak-anak dapat mengingat proses pencernaan dalam tubuh
dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Selain itu karena ini adalah tugas
berkelompok maka anak-anak dilatih kemampuan bekerja sama, kepemimpinan, dan
kemampuan berbagi peran.
Tulisannya
selengkapnya saya tuliskan di buku
Merdeka Belajar di Ruang Kelas.
Yang
penasaran dengan cerita saya dan teman-teman Komunitas Guru Belajar bisa
membeli buku ini secara on line di:
Fyi, nemu yang
lucu buat belajar tentang tubuh sama anak-anak:
#level9 #day5
#Tantangan10Hari #ThinkCreative
#KuliahBunsayIIP
#BundaSayang #InstitutIbuProfesional #IIP
Bandung, 2018
Miranti
Banyuning Bumi
0 Komentar