BunSay Game 12 (Aliran Rasa): Keluarga Multimedia


Alhamdulillaah terharu😂😂😂 saat pengumuman badge di tantangan terakhir di kelas Bunsay ini.
Bisa juga dapet badge tertinggi “outstanding performance” di penutupan tugas.😍😭😍
Sebenernya sengaja target tugas kali ini harus maksimal untuk menutupi “rasa bersalah” pernah skip tantangan sebanyak 4x. 
Udah degdegan aja bisi remedial “oooh tidak membayangkan harus mengulang selama setahun, duh mending berusaha lebih keras dari biasanya di tugas-tugas terakhir, hehe”


Tapi...tapiii yang membuat diri ini lebih terharu lagi adalah Alhamdulillaah bisa melalui 12 bulan, 12 materi, 12 tantangan bersama para ibu dan calon ibu pembelajar lain yang saling menyemangati dan menginspirasi bersama💓💓💓. Meskipun belum pernah bertatap muka langsung, tapi udah kerasa deket, aaah sediih udah mau pisah...😭😭😭

Beneran deh ruarrr biasa rasanya setahun ini, dikira bakal terasa lama, tapi ternyata “eh, udah beres aja ya semua tantangan selama 1 tahun…” *kyaaa gak sabar ke kelas selanjutnya! Kelas Bunda Cekatan (Buncek ya singkatannya, hihi…)😍
Salut sama teteh-teteh kece yang udah berkeluarga, kerja di ranah sosial pula, bisa beres tugas pula…
Perlu dicontek tuh bagaimana manajemen waktunya.

Alhamdulillaah-nya lagi tema kali ini emang menarik bangettts *ini mah emang tema tugas IIP selalu menarik atau menarik banget, gak ada yang gak menarik, hehe

Saat menyimak materi dari Bu Septi langsung, via wizIQ, langsung ide-ide pop-up di dalam kepala, banyak banget kayaknya aplikasi menarik yang bisa di-review biar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Dan penasaran pengen mencari ada aplikasi/website menarik apa yang kekinian dan membuka wawasan.

🌻Oke, biar lebih gampang, ini daftar 17 aplikasi/web yang aku review di tantangan kali ini (Silahkan diklik di judul yang ingin di-kepo-in lebih lanjut):

Scratch adalah bahasa pemrograman dan komunitas online dimana penggunanya bisa membuat program dan berbagi media interaktif, seperti: cerita, games, dan animasi dengan orang di seluruh dunia!

Steve Spangler Science adalah website berisi eksperimen-eksperimen sains yang keren, yang bisa membuat siapapun jatuh cinta pada sains!

Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa yang mudah, nyaman, menyenangkan (seperti bermain games) dan pastinya gratis!

ColorNote merupakan aplikasi untuk mencatat yang sederhana dan mudah (banget!)

5. TED-Ed
TED-Ed adalah website berisi berbagai pengetahuan yang disajikan dengan animasi menarik (kurang dari 10 menit) dari para ahlinya!

Bayyinah TV merupakan website belajar Islam (Quran, Arabic, History, and many inspirations) yang menawarkan kelas online komprehensif, yang diinisiasi oleh Ust. Nouman Ali Khan.

Goodreads merupakan tempat virtual terbesar di dunia bagi para pembaca untuk menemukan dan berbagi buku bacaan. Hmm semacam media sosial tapi khusus bagi orang-orang yang suka membaca buku.

8. CANVA
CANVA adalah website desain grafis yang sederhana (hanya menggunakan drag-and-drop feature), menawarkan jutaan foto, grafik, dan jenis huruf!

Kahoot! adalah platform berdasarkan games yang bertujuan untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan!

Teachers Pay Teachers adalah website komunitas yang berisi jutaan pendidik (Amerika) yang bersama-sama memiliki keinginan berbagi hasil kerja, wawasan-pengetahuan, dan inspirasi antar mereka.

11. iPusnas
iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional *pengen banget nih berkunjung ke sini.

Halalminds adalah aplikasi untuk memeriksa apakah suatu produk itu halal atau tidak. Produk halal yang dimaksud tidak hanya makanan dan minuman, tapi juga kosmetik dan obat-obatan.

13. Flip
Flip adalah aplikasi untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya.

Paper Kawaii adalah website (yang kerennn banget) untuk belajar origami! Cocok banget buat yang hobi origami atau mungkin lagi butuh ide untuk membuat handmade gift untuk keluarga dan teman.

Khan Academy merupakan website untuk belajar online secara gratis menawarkan berbagai pelajaran dengan latihan, video, dan poin-poin pembelajaran yang bisa kita atur-atur sendiri sesuai selera dan kebutuhan.

16. IniBudi
IniBudi adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia.

SainsPOP adalah situs yang berisi konten-konten tentang sains dan teknologi berbahasa Indonesia. Kontennya bisa berupa berita sains populer maupun sains dasar dengan gaya bahasa yang telah disederhanakan.


Ternyata setelah dilihat-lihat, sebagian besar aplikasi/web yang aku review tentang pengembangan diri dan berbau pendidikan, nah ini bisa banget jadi bekal untuk mengajar anak nanti *aamiin.

Oiya yang serunya lagi, tugas kali ini insya Allah akan “melahirkan” produk berupa ebook. Jadi seperti database aplikasi/web apa yang keren untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai istri, ibu, sekaligus pribadi seorang wanita.
Aaah penasaran sama ebook-nya!
Mari kita tunggu sama-sama kelahirannya, semoga lancar proses editing, cetal, dll-nya, aamiin…

Salam Ibu Profesional
Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#AliranRasa
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kelas Bunda Sayang

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama