BunSay Game 12 (day 8): Review CANVA



🍉Introduction:
Sejak dulu aku memang suka mendesain dan menata sesuatu sesuatu. Dinding kamar, meja belajar, koleksi pernak-pernik pribadi, lemari isi barang pecah belah mama, rak buku keluarga, membuat kartu ucapan selamat ulang tahun/lebaran, album foto, jurnal harian (yang kalo dulu masih versi diary, hehe), macem-macem deh.
Nah terutama untuk album foto, sukanya ala-ala scrapbooking gitu, lumayan banget sambil memanfaatkan barang-barang bekas yang lucu-lucu, tapi tidak sedikit juga aksesoris mini-mini itu hasil sengaja membeli *ups. Setelah beberapa lama baru sadar “ih mahal juga yah hobi beginian” Seneng sih, tapi koq khawatir pemborosan. Astaghfirullaah…

Kemudian seiring dengan suka searching ide di internet, kenallah dengan istilah digital scrapbooking (via pinterest sepertinya), lalu beralihlah dari convensional scrapbooking menjadi digital scrapbooking.
Selain itu aku juga suka banget ngedit-ngedit foto, tapiii sayangnya tekadnya masih terlalu lemah untuk belajar photoshop atau corel, cukup puas dengan aplikasi biasa (ada banyak yang dicoba, tapi salah satu yang diingat sekarang karena dipakai cukup lama adalah photoscape). Tapiii (banyak kali ya tapinya padahal mau belajar) kelemahan photoscape adalah file editan-nya tidak bisa di-save macam photosop atau corel gitu. Jadi yang di-save adalah hasil akhir, kalo tiba-tiba ada yang mau di-edit lagi, mau ga mau harus ulang lagi dari awal *yah capek dah.

Akhirnya ketika bergabung belajar bersama teman-teman ibu dan calon ibu di Institut Ibu Profesional, kenalanlah sama aplikasi bernama CANVA! Katanya bisa dipake di hp dan laptop, tapiii (hiyaaa tapi again) harus online *hmm mikir-mikir deh kalo harus online.
Waktu itu belum langsung tertarik untuk mengeksplor lebih jauh, pernah sekali buka di laptop (karena hp-ku sudah memasang pengumuman: “maaf memory penuh”) terus lihat pilihan template-nya banyak banget, wow menarik! Tapi bingung mau mulai dari mana, setelah klik-klik beberapa tools (yang Alhamdulillaah-nya lebih sedikit, beda jauh banget sama photoshop dan corel yang membuat aku lieur dengan banyaknya pilihan tools *ah ini mah akunya aja yang males belajar, heu) lalu saat itu aku menyerah “klik tombol close”.

Hmm sebenarnya aku lupa moment apa yang membuat aku penasaran lagi dengan canva, sepertinya karena melihat berbagai pengumuman nan cantik di grup Institut Ibu Profesional dan grup komunitas menulis bersama ODOP for 999 days. Katanya tentu lagi dan lagi itu dibuat dengan canva, katanya itu simple banget makenya, pilihan desain yang ada juga banyaaak, dan pastinya khas ibu-ibu yaaah, aplikasi ini gratis. Maka rasa penasaranku tumbuh lagi dan mulailah aku mengeksplor canva dengan lebih sabar dan serius, haha!

🍉About:
CANVA adalah website desain grafis yang sederhana (hanya menggunakan drag-and-drop feature), menawarkan jutaan foto, grafik, dan jenis huruf!
Apa yang bisa kita buat dengan CANVA?
Berbagai dokumen (CV/resume, side presentasi, surat, cover majalah, dan sertifikat), infografis di media sosial/blog, kartu pos, postingan di media sosial (IG, twitter, facebook, pinterest), flyer, poster, bookmark, dan ternyata masih banyak loh!

Ada pilihan yang sangaaat banyak template yang tersedia, jadi bagi pemula jangan bingung kalo khawatir harus mulai dari mana, kita bisa menggunakan template yang ada, tinggal ganti tulisan! Atau kalo sudah mau mulai bosan, ganti-ganti foto atau ganti warna atau silahkan berkreasi!
Selain itu ada berbagai elemen (ilustrasi, bentuk, dll) yang bisa kita pilih, serta filter foto yang membuat fotomu berbeda!

Bisa sharing design loh, jadi teman kita bisa menggunakan file mentah desain yang kita buat, misalnya untuk tahu jenis huruf yang kamu gunakan. Ini pernah aku coba bersama tim My Favourite Ayat 2018 (Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia), cocok banget untuk mengerjakan proyek kolaborasi.
Mau mengeksplor lebih jauh? Bisa banget!
Ada panduannya loh di bagian “Learn to design”, kamu akan menemukan berbagai tutorial, seperti belajar tentang warna (tahu color palettes? Kita bisa menemukan warna-warna apa yang cocok ketika dikombinasikan dari sini), huruf (gak semua huruf tetap cantik ketika diletakkan ke gambar latar, jadi yang terbaik adalah memilih huruf yang tepat).
Oiya, ada judul tutorial yang menarik bagi para newbie: “Less is More!” *bener banget, dan kalo penasaran kamu harus mengeksplor sendiri yaa! Di sini. https://www.canva.com/learn/design/tutorials/
Merasa kehabisa ide? Coba deh klik bagian “Get design inspiration” Semoga kehujanan inspirasi ya!

🍉Who Uses CANVA?
Anyone who love making design.

🍉Let’s try!
Hmm cuma mau mengingatkan buat para newbie, hati-hati ketagihan! Tips dariku adalah kamu harus tahu apa yang mau kamu buat, biar ga kebablasan yah..hehe.



🍉Foto/Video:




🍉Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

🍉Quote: 
“CANVA…It has everything you need for amazing design.”


Salam Ibu Profesional

Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama