BunSay Game 12 (day 15): Review Khan Academy



💻Introduction:
Beberapa karakteristik generasi kekinian (Z dan alpha) adalah sangat akrab dengan internet, bisa belajar dari apa saja dan di mana saja, dan menumbuhkan pengetahuan dengan sangat mandiri.

Jadi bisa saja nanti di masa depan keberadaan sekolah secara fisik akan dikaji ulang, karena sudah tampak generasi sekarang yang dengan mudahnya belajar dari youtube, pinterest, atau web khusus edukasi yang bisa di mana saja dan kapan saja. Tapi kalo belajarnya di rumah terus kan bosen ya, mau ke sekolah terlalu kaku ruangannya #ups, jadi yang dibutuhkan adalah ruangan belajar yang fresh dan nyaman. Aku berpikir yang mereka butuhkan adalah ruang bersama untuk belajar online, yang kalo untuk bekerja ada istilah coworking space, ini bisa jadi co-studying space. Jadi tidak harus berasal dari kantor/kampus yang sama, tapi karena kesamaan bidang/interest, lebih seperti prinsip dasar suatu komunitas.

Ada artikel yang menarik tentang mengapa perkembangan coworking space ini begitu pesat, bisa dibaca di sini. Juga ada artikel yang mengajak kita mengimajinasikan bagaimana pendidikan di masa depan dengan ide “Education Outside the Classroom”

Wah menarik ya! Syaratnya adalah kita harus tahu apa yang mau kita pelajari jadi kita bisa fokus memilih dan mendalaminya. Kali ini aku akan mengulas salah satu website yang keren banget untuk belajar secara mandiri, sudah ada kurikulumnya, step-by-step apa dulu yang harus dipelajari, jadi sangat membantu kita untuk memahami sesuatu. Website itu bernama Khan Academy.

💻About:
Khan Academy menawarkan berbagai pelajaran dengan latihan, video, dan poin-poin pembelajaran yang bisa kita atur-atur sendiri sesuai selera dan kebutuhan.
Materi pelajaran yang tersedia di sini sangat banyak, secara umum adalah matematika, sains dan teknik, komputasi, seni dan sejarah, ekonomi dan keuangan, serta ada untuk persiapan tes (SAT, GMAT, dll), juga wawasan tentang karir dan enterpreneur.
Khan Academy juga telah berpartner dengan institusi hebat seperti NASA, MIT, the Museum of Modern Art, dan the California Academy of Sciences, mereka menawarkan konten yang lebih spesifik.

Setelah login, kita dapat memeriksa bagian home. Di sana terdapat subjects pilihan kita dan resume pelajaran yang telah kita pelajari. Selain itu kita bisa melihat progress, melakukan diskusi, membuat project, dan menjadi coach.
Yang menarik adalah ada sistem games di sini, ketika mencapai suatu target yang telah ditentukan maka kita bisa mendapat penghargaan berupa badges gitu (sama ya seperti di IIP juga). Nama badge-nya unik-unik: black hole, sun, earth, moon, meteorite, dll.
Oiya jangan khawatir ketika sedang belajar melalui video tapi gak jelas apa yang diucapkan “guru” atau kita menemukan kosa kata yang belum ngerti, kita bisa meng-klik bagian transcript di bagian bawah video sehingga memudahkan kita untuk menerjemahkannya.

💻Who Uses Khan Academy?
Anyone who wanna be a lifelong learner!

💻Let’s try!
Pertama kali belajar di Khan Academy iseng-iseng buka subject Chemistry, hehe, sekalian mengulang biar gak lupa.

Selain itu pernah pas lagi asyik ngubek-ngubek behind the scene PIXAR (studio animasi favorittt!), eh sumber channel youtube-nya dari Khan Academy. Saat di-klik ke website sumbernya, ternyata judul materinya “Pixar in a Box”, seru banget diajak “jalan-jalan” ke dalam PIXAR, menyaksikan bagaimana sebuah ide diwujudkan ke layar lalu ditonton jutaan pasang mata. Kantor PIXAR tampak cozy banget, ada mainannya, yaiyalah mereka harus dekat dengan dunia imajinasi khas anak-anak ya. Di sana kita bisa bertemu banyak orang dengan berbagai keahlian yang keren: artis, saintis, animator, coders, pematung, musicians!

Nah setelah “diajak tour” sebentar ke dalam PIXAR, kita akan memilih pelajaran apa yang ingin dipelajari lebih jauh. 
Pilihan subject-nya adalah algebra, art, computer science, geometry, math, physics, statistics & probability, and trigonometry. 
Pilihan lesson-nya adalah animation, character modeling, color science (ini menarik!), crowds, effects, enviromental modeling, patterns, rendering, rigging, sets & staging, simulation, storytelling, and virtual cameras.
Selain itu bagi yang masih sekolah, bisa memilih kategori level: 5-6, 7-8, dan 9-12. Aaaah asyik banget ya, jadi kebayang kalo ilmu yang dipelajari saat sekolah itu bermanfaat loh untuk membuat hal keren seperti ini.

💻Foto/Video:




💻Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

💻Quote:
“To provide a free world-class education for anyone, anywhere”
-Khan Academy’s Mission-

Salam Ibu Profesional

Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama