BunSay Game 12 (day 5): Review TED-Ed



🌺Introduction:
Pertama kali tahu tentang TED-Ed ini dari bukunya mas Yoris Sebastian (101 Creative Notes). Aaah itu salah satu buku favoritku sampai sekarang! Kalo tiba-tiba lagi butuh fresh ideas, biasanya aku buka-buka lagi buku tersebut. Nah, TED-Ed ini termasuk salah satu list di dalam buku itu.

Sejak pertama kali melihat video TED-Ed di youtube, langsung merasa ini media yang keren banget untuk belajar sesuatu yang baru, untuk terus menerus merasa penasaran dengan crazy possibilities & unanswered questions.

🌺About:
TED percaya bahwa sebuah ide dapat mengubah sikap, kehidupan seseorang, bahkan seluruh dunia!
TED-Ed merupakan inisiatif dari TED untuk generasi muda dan bidang pendidikan.
TED-Ed memiliki ide: “To capture and to amplify the voice of the world's greatest teachers.”
Baik dan keren banget yaaa ide TED ini! Harus banget setiap kids zaman now tahu dan belajar banyak melalui TED.

Intinya TED-Ed mengajak semua guru di seluruh dunia berbagi pengetahuan.
Keunggulan TED-Ed adalah menyajikannya pengetahuan itu dalam video animasi kurang dari 10 menit! (TED-Ed Original). Selain itu ada juga TED Talk yang menampilkan berbagai ahli berbicara di bidangnya masing-masing, hmm semacam kuliah umum gitu.
Selain itu kita tidak hanya menjadi penonton, materi yang disediakan TED-Ed merupakan interactive lessons. Jadi setelah kita klik video yang ingin kita pelajari, di bagian kanan layar ada pilihan think (semacam mini quiz gitu), dig deeper (sumber tambahan untuk dieksplor lebih lanjut), dan discuss (forum diskusi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama).

TED-Ed merupakan hasil kerja kolaborasi antara para ahli.
Siapa sajakah mereka?
Pembicara (tidak harus bekerja sebagai guru, intinya harus memiliki niat berbagi ilmu) dan fellows, as well as educators, designers, animators, screenwriters, directors, science writers, historians, journalists and editors.

Bidang keilmuan yang disajikan oleh TED-Ed sangat beragam!
Ada apa saja?
Science & technology, health, social studies, mathematics, arts, business & economics, design-engineering-technology, literature & language, philosophy & religion, psychology, thinking & learning, serta teaching & education.

🌺Who Uses TED-Ed?
Anyone who wanna be a lifelong learner!

🌺Let’s try!
Biasanya aku kalo lagi random mau belajar sesuatu suka buka-buka TED (ada juga loh Youtube channel-nya), suka dapat inspirasi baru buat diulik lebih lanjut, hehe.

Selain itu, aku juga suka belajar materi science yang akan diajar ke anak-anak dari sini, suka dapet penjelasan menarik yang anti mainstream, lumayan untuk catch the children’s attention di awal pelajaran. *Guru juga harus terus belajar kan ya…hehehe.

Oiya walaupun sebagian besar penjelasan di video TED-Ed ini cukup “tinggi” bahasanya, tapi ternyata anak-anak bisa loh paham. Cara yang biasa aku lakukan adalah menayangkan tidak secara non-stop, tapi di-pause beberapa kali, lalu aku memberikan pertanyaan untuk menguji apakah mereka paham. Atau biasanya aku bantu dengan menterjemahkan intinya saja. Tapi biasanya ada aja anak yang udah paham (jago bahasa inggrisnya!) Aah anak-anak, kemampuan mereka selalu gak berhenti membuatku terpesona! Masya Allah!

Pernah juga menjadikan video TED sebagai bahan belajar bareng di klub prestasi COSMIC (Collaboration of Science and Mathematics), kami belajar dari video genre Mathematics, solve he riddles gitu. Seru dan bikin anak-anak ketagihan.


🌺Foto/Video:




🌺Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

Let’s spark and celebrate the ideas of teachers and students around the world!
Let's being what every teacher hopes students will become: a lifelong learner.

"The more you know, the more amazing the world seems."
_central mission of TED-Ed_

Salam Ibu Profesional

Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama