BunSay Game 12 (day 9): Review Kahoot!


🐥Link: https://kahoot.com/explore-games/ kemudian setelah mendapat game pin klik https://kahoot.it/

🐥Introduction:
Belajar sambil bermain itu merupakan hal yang biasa di tempatku pernah mengajar (SD Mutiara Bunda - Bandung). Kayaknya tiada hari tanpa belajar sambil bermain. Ini membuat anak-anak terbiasa belajar dengan cara yang menyenangkan dan juga sekaligus “memaksa” guru-guru menjadi kreatif untuk memadukan permainan dengan pembelajaran. Karena kita gak mau kan anak-anak terlalu terbawa suasana permainan lalu lupa kalo sesungguhnya fokus utamanya adalah belajar *hmm ini memang gak gampang sih.

Beberapa permainan favorit yang cukup membuat anak-anak kondusif dan tetap fokus saat belajar (biasanya aku gunakan untuk me-review materi pelajaran sains) adalah bingo, tic-tac-toe, ular tangga versi modifikasi, dan board games braintopia.

Tapiii anak-anak yang aku ajar sekarang kan adalah generasi alfa.
Fyi, karakteristik generasi alfa adalah:
🌱Generasi mengetik bukan menulis
🌱Internet merupakan bagian dari kehidupan
🌱Pembelajar sejati, belajar dari apa saja
🌱Kesehatan fisiknya terancam (kebanyakan asyik dengan gadget)
🌱Dunia maya setara dengan dunia nyatanya
🌱Generasi informal

Nah yang ingin aku garis bawahi adalah mereka generasi yang sangat akrab dengan gadget (teknologi), jadi mau gak mau, kita (para guru dan orangtua yang kebanyakan generasi X dan Y) harus mengajar sesuai dengan karakteristik mereka. Kita harus menjadi role model mereka bahwa dengan teknologi di gadget bukan hanya untuk bermain menghibur diri tapi juga belajar menambah ilmu dan wawasan. Jangan sampai kita diperbudak dengan teknologi, kitalah yang harus bisa mengatur dan memanfaatkan teknologi!

Seperti kata Ali bin Abi Thalib:
“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu”

Jadi, saat menemukan aplikasi ini di buku “Teach Like Finland” aku langsung bersemangat untuk mencobanya, permainan yang menggunakan teknologi, dunia kids zaman now banget kan. Alhamdulillaah ketemu materi yang pas sedang diajarkan saat itu, kemudian setelah lulus uji, aku bawa ke kelas, “Yuk kita main games, tapi kali ini beda loh games-nya”!

Bagaimana respon mereka? They are so excited!
Sayang waktu itu aku menampilkannya pake hp, jadi layarnya kecil gak sebanding sama jumlah anak yang 25 orang. Huhu, maaf yaa nak… Ternyata barusan setelah ngulik lagi, ada yang versi web, jadi bisa dibuka via laptop, bisa ditampilkan di layar TV di kelas, aaah kebayang serunya belajar pake aplikasi ini! Jadi pengen ngajar anak-anak lagi!

🐥About:
Kahoot adalah platform berdasarkan games yang bertujuan untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan!
Aplikasi ini gratis untuk para guru-guru keren “classroom superheroes”.
Bagiku, ini seperti membuat game “Who Wants to Be a Millionare”, jadi soal-soalnya dalam bentuk pilihan ganda.

Selain itu kita bisa menambahkan video, gambar, dan grafik pada setiap pertanyaan.
Permainan ini semakin seru ketika dimainkan secara berkelompok, ada pembagian peran atau giliran dan teriakan-teriakan semangat untuk saling mendukung.
Kita bisa memainkan permainan yang telah tersedia dan juga bisa membuat soal sendiri loh, lumayan banget untuk membuat PR dengan cara yang menyenangkan lalu nanti soal yang telah dibuat dimainkan di kelas.

Kita tidak hanya belajar dengan teman-teman di dalam kelas, karena bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, maka itu artinya kita bisa berbagi soal yang telah dibuat dengan teman-teman di seluruh di dunia! Ini akan membuka wawasan kita melalui diskusi-diskusi yang terjadi.
6 reasons to start kahoot!’ing >>> flexible, simple, diverse, engaging, global, and FREE!

🐥Who Uses Kahoot?
Anyone who wanna be a lifelong learner!

🐥Let’s try!
Permainan yang telah aku mainkan bersama anak-anak didikku adalah tentang daur air.
Proses mengingat tahap-tahap pada daur air jadi semakin seru karena aplikasi ini.
Ah, jadi penasaran ingin mencoba membuat sendiri permainan sesuai materi yang akan diajar, sepertinya caranya sederhana.

🐥Foto/Video:






🐥Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

🐥Quote: 
“Play, learn, have fun, and celebrate together!”


Salam Ibu Profesional

Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama