BunSay Game 12 (day 16): Review IniBudi


🌴Link: www.inibudi.org

🌴Introduction:
Biasanya video-video animasi sains menarik yang kutemui berasal dari luar negeri (berbahasa Inggris), sedih kenapa belum ada yang buatan dalam negeri dan berbahasa Indonesia. Meskipun kita mengakui bersama bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan penting untuk dipelajari. Tapi membuat produk belajar berbahasa Indonesia pasti akan menimbulkan kebanggaan tersendiri. Juga bisa memudahkan diri sendiri untuk belajar (karena itu bahasa ibu kita), atau membantu belajar teman-teman sebangsa dan setanah air dari yang tinggal di perkotaan hingga ke pelosok, bisa juga kan dijadikan sumber referensi belajar orang luar negeri (nanti gantian di-subtitle-nya pake bahasa Inggris, hehe). Aku yakin Indonesia gak kekurangan Sumber Daya Manusia yang mampu membuat itu, hanya saja belum tergerak hatinya…

Eh tapi dugaanku salah… Ternyata ada loh video sains berbahasa Indonesia buatan anak bangsa! Nama sumbernya adalah Ini Budi. Jadi teringat masa-masa baru belajar membaca di SD ya kalo mendengar kata “Budi”.

🌴About:
Inibudi adalah inisiatif pendidikan yang membuat dan membagikan materi digital berupa video belajar berkualitas untuk mempercepat peningkatan mutu dan akses pendidikan di Indonesia.

Didirikan pada 2013, semua video Inibudi dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, yang disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional.
Inibudi juga berkomitmen menumbuhkan potensi siswa secara utuh lewat beragam video profesi dan karier serta berbagai video pengetahuan umum dan pengembangan pribadi.

Video Inibudi dapat menjadi tugas mandiri siswa sebelum belajar, alternatif sumber belajar untuk menjelaskan di kelas, atau untuk mengulang dan menguatkan materi di rumah sehingga orangtua pun dapat terlibat dalam proses belajar anak.

Video Inibudi sebagai bagian dari proses belajar dan mengajar yang menyenangkan dan menantang karena menggunakan audio visual yang menarik, dengan isi yang mengaitkan aplikasi pelajaran ke kehidupan sehari-hari.
Selain itu, Inibudi juga memberikan kesempatan kepada setiap penonton untuk berkomentar, bertanya, berpendapat, mengembangkan diri, dan berkontribusi sehingga pengajar dalam video maupun penonton dapat berinteraksi langsung.

🍂Apa yang dapat kita lakukan di IniBudi?
Nonton Video IniBudi Gratis
Menjadi Narasumber
Menjadi Relawan Sahabat IniBudi
Kontribusi untuk pendidikan di #DukungBelajar

Pilihan di daftar videonya beragam: sejarah, TIK, kepemimpinan, bahasa asing, agama Islam, PKN, seni, ekonomi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, bahasa Inggris, biologi, fisika, kimia, dan matematika.

🍂Apa saja program yang ada di IniBudi?
#TemanBelajar
Inibudi percaya bahwa belajar bersama adalah aktivitas yang menyenangkan. Program ini mengajak siswa-siswi SD Kelas 3 hingga SMA Kelas 3 untuk berbagi pengetahuan secara sukarela. Siswa- siswa berperan sebagai teman dalam belajar dengan membagikan ilmunya kepada teman-teman lain di seluruh Indonesia melalui video tentang materi pelajaran tertentu yang menarik dan menantang. Menjadi #TemanBelajar di video Inibudi dapat melatih kemampuan komunikasi siswa dan meningkatkan pemahaman mereka pada materi pelajaran.

#GuruBerbudi
#Guruberbudi adalah salah satu program partisipasi bagi mereka yang ingin menjadi pengajar di video Inibudi. Inibudi yakin bahwa berbagi ilmu tentang materi pelajaran sekolah tidak hanya bisa dilakukan oleh guru. Bukan hanya yang berprofesi sebagai guru, tapi siapa saja yang memiliki kompetensi dalam materi pelajaran sekolah dapat menjadi #GuruBerbudi.

#DukungBelajar
#DukungBelajar adalah program penyebaran video Inibudi ke sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui #DukungBelajar, Inibudi memberikan kesempatan kepada masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap pendidikan untuk berkontribusi melalui donasi Flash disk, DVD, mesin pemutar DVD, dan medium penyebaran lainnya.

#SahabatIniBudi
#SahabatInibudi adalah sebuah kelompok yang terdiri dari para sukarelawan yang ingin berkontribusi dalam produk dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Inibudi. Kelompok ini sifatnya sukarela dan terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung didalamnya. Kegiatannya meliputi kegiatan yang sifatnya internal yaitu seputar membuat video pelajaran maupun kegiatan eksternal seperti pameran, shooting, aksi sosial dan kampanye media serta projek khusus lainnya.

🍂Program Berkala
Inibudi rutin mengadakan program–program yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

🍂Salah satu event yang pernah diadakan oleh IniBudi adalah #1945BerbagiBerbudi
Mengusung semangat Kemerdekaan RI yang ke-72, Akademi Berbagi dan Inibudi.org – dua organisasi nonprofit yang memiliki kepedulian pada masalah pendidikan di Indonesia, menginisiasi ajakan pengumpulan 1945 diska lepas (flash disk) kepada masyarakat luas. Flash disk tersebut nantinya akan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang tersebar di wilayah Indonesia guna mempercepat akses pendidikan dan juga peningkatan mutu siswa sekolah.

🌴Who Uses IniBudi?
Siswa, guru, dan orangtua.

🌴Let’s try!
Video kece yang pernah dipake mengajar adalah tentang tata surya (planet-planet, gerhana, rotasi dan revolusi) untuk anak-anak level 6.

🌴Foto/Video:




🌴Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

🌴Quote:
“Siswa dan guru dapat menggunakan video Inibudi sebagai bagian dari proses belajar dan mengajar kapan saja dan di mana saja, tanpa batasan.

Salam Ibu Profesional

Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama