BunSay Game 12 (day 7): Review Goodreads



📚Introduction:
I love reading. I am book lover.
Bagiku menemukan teman yang sama-sama suka membaca adalah sangat menyenangkan. Obrolannya bisa kemana-mana, bermula dari sebuah buku!

Nah, biasanya setelah ngobrol bareng akhirnya saling tuker-pinjem buku, tapi sayangnya buku-bukuku kala itu tidak semua ada di Bandung. Sebagian ada di Serang (rumah orangtuaku), jadi kadang-kadang lupa koleksi buku yang ada di Serang.

Perasaanku saat menemukan website goodreads ini seneng banget, karena aku jadi bisa mendata buku-buku yang sudah aku miliki yang nantinya bisa dibawa ke Bandung beberapa untuk direkomendasikan.
Selain itu aku bisa mencatat secara virtual buku-buku yang ingin kubaca!

Pasti yang suka membaca buku sering ke perpustakaan atau toko buku kan…
Tapi juga gak selalu membeli setiap dateng, hehe
Adakalanya menemukan buku yang keren banget saat berkunjung ke perpustakaan atau toko buku atau saat ngobrol dengan teman atau saat lagi browsing, nah goodreads adalah tempat yang tepat untuk “menuliskan” judul buku yang kita ingingkan untuk dibaca selanjutnya.
Jadi, kalo tiba-tiba ada bazar atau promo, jangan panik dan jangan kalap, buka dulu account goodreads-mu, kemudian pilihlan dengan tenang buku-buku yang ingin kamu baca & miliki, cek apakah termasuk yang diskon, hehe.

Goodreads sangat membantu untuk tidak impulsif membaca buku, karena ada info sekilas isi buku dan review dari orang-orang yang sudah membaca, jadi bahan untuk mempertimbangkan apakah akan dibeli atau pinjam saja.

Selain itu jika ada teman yang ingin meminjam tapi kemudian bertanya “Kamu punya buku apa aja?” nah, suka bingung jawabnya kan kalo koleksimu banyak (dan kadang kamu suka lupa), hehe. Jadi sodorkan saja link rak buku virtualmu, untuk kemudian dia pilih mana yang cocok buat dia (lagi butuhnya baca buku apa), lalu setelah itu kamu bisa membawakan buku fisiknya. Jadi lebih mudah kan.😊
Yang mau mampir ke rak virtualku di goodreads, bisa di sini.

📚About:
Goodreads merupakan tempat digital terbesar di dunia bagi para pembaca untuk menemukan dan berbagi buku bacaan. Hmm semacam media sosial tapi khusus bagi orang-orang yang suka membaca buku.

Di sini kita bisa:
  • Melihat teman-teman kita sedang membaca apa (di bagian home) agar menjadi inspirasi untuk bacaan selanjutnya
  • Memiliki rak virtual untuk menandai buku yang sedang dibaca, telah dibaca, dan ingin dibaca
  • Memeriksa bagian rekomendasi (berdasarkan selera literasi kamu yang datanya diambil dari rak virtual kamu tadi)
  • Menemukan buku yang baik dan tepat untukmu berdasarkan ulasan dari komunitas
  • Me-review buku-buku yang sudah dibaca lalu bisa merekomendasikannya ke teman-teman

Yes, it’s all about books!💗💗💗📕📗📘📙📚📖

📚Who Uses Goodreads?
Anyone who love reading!

📚Let’s try!
Baru saja tadi aku membuka facebook-nya Goodreads, lalu menemukan berita yang berjudul:
Isinya tentang bagaimana para penulis, ilustrator, dan penerbit buku (anak-anak khususnya) merespon terhadap krisis kemanusian “keberadaan pengungsi” dengan cara yang proaktif dan bermanfaat. Dengan buku, itu merupakan salah satu alat yang bagus untuk membantu para orangtua memahamkan anak-anak mereka tentang pengungsi (untuk menjawab berbagai pertanyaan dari anak-anak mereka: siapa pengungsi itu?, kenapa mereka bisa seperti itu?, apa yang mereka lakukan?, mereka berada di mana saja?, dll).

Setelah membaca tulisan tersebut, isi beritanya mengingatkanku tentang salah satu buku yang aku temukan di Big Bad Wolf 2018 lalu.
Buku yang berjudul: “Kites with a massege” karya Michael Morpugo.
Buku yang menceritakan persahabatan seorang jurnalis (dari London) dengan seorang anak laki-laki (Palestina).
Yang mau membaca book review buku tersebut, bisa di sini

Langsung aku mencatat dalam pikiranku, selanjutnya buku yang ingin aku baca dan eksplor adalah buku-buku tentang pengungsi khususnya anak-anak dari negara Muslim (Palestina, Suriah, Afganistan, Irak). Pasti “menarik” melihat efek perang dari sudut pandang mereka dan semoga insya Allah bisa melakukan sesuatu yang positif untuk mereka, aamiin.

Dalam artikel yang aku baca tadi, ada salah satu buku yang direkomendasikan, berjudul REFUGEE. Langsung seketika itu aku memasukkan buku tersebut ke rak virtual “want to read”. Juga aku memeriksa buku--buku apa lagi yang satu jenis dengan itu, dan aku pun menemukan buku-buku lainnya. Keren!

Oke, jadi mengerti kan? Bagaimana goodreads sangat membantu kehidupan para pecinta buku.

Eh, tambahan informasi, hingga kini, goodreads telah memiliki 75 juta anggota, 2,2 miliar buku, dan 77 juta reviews! Awesome!

📚Foto/Video:




📚Score: ⭐⭐⭐⭐⭐

📚Quote:
"The right book in the right hands at the right time can change the world!"
-Goodreads-

"Knowledge is power, and power is best shared among readers."
-Otis Chandler, CEO and Co-founder Goodreads-


Salam Ibu Profesional
Miranti Banyuning Bumi

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
Tags: Kuliah Institut Ibu Profesional

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama