Hey Kiddos, Let’s Play Cryptography Race!
Ada yang tahu apa itu cryptography (kriptografi)?
Atau ada yang pernah membaca kata encryption/encrypted?
*Mungkin ada yang menjawab:
"Pernah...pernah, di whatsapp setelah clear chat, hehe"😅
Kata cryptography ada hubungannya dengan kode-kode rahasia gitu, yang biasanya
digunakan dalam dunia IT untuk mengamankan data/pesan.
Nah sesuai judulnya, kegiatan COSMIC
beberapa bulan yang lalu adalah kami bermain-main dengan kriptografi😎
*Jadi
sebelum cerita ini basi, makanya harus ditulis, kalo kelamaan nanti lupa
detailnya seperti apa, alasan lainnya karena kegiatan ini merupakan salah satu
aktivitas favorit anak-anak COSMIC! Ah, jadi kangen…💙💚💛💜💗
Baca juga cerita kami yang ga kalah seru: The Story of Our Spaghetti Bridge
Hmmm...
Masa sih, anak-anak SD bisa ngerti maen beginian😏
*Hey,
never underestimate their capabilities😝
Aku sendiri tahu istilah kriptografi ini dari
film the Da Vinci Code dan salah
satu film favoritku >> the ImitationGame *kenapa favorit? Karena selain ceritanya, juga karena pemeran utamanya: Benedict Cumberbatch 😁, tapi teteup perannya sebagai Sherlock Holmes di BBC
>> the most antonishing!🌟🌟🌟
Di kedua film ini, kriptografi
menjadi inti cerita yang memikat bagi siapapun yang suka dengan riddle *Bukan Riddle yang di Harry Potter ya😅.
Sudah sejak zaman dulu orang-orang berusaha mengamankan pesan penting dengan
simbol-simbol rahasia atau kode yang hanya diketahui oleh si pengirim dan
penerima pesan.
Jadi seperti apa permainan Cryptography Race ini?
Untuk memainkan
games ini kami membagi kegiatan menjadi
2 pertemuan.
🌞Pertemuan Pertama: PREPARE TIME!
Di pertemuan
pertama, anak-anak diperkenalkan dengan “Apa
itu kriptografi?”
Ga serta
merta langsung diberi penjelasan, tapi sengaja dipancing dengan memberikan kalimat
yang sudah dienkripsi.
Lalu
anak-anak ditantang dengan pertanyaan: “Apa ada yang bisa memecahkan pesan yang
sebenarnya dari kalimat ini?”
Kerennya,
ada loh anak yang bisa memecahkan kode di kalimat itu! Yang ternyata dia emang
hobi ngutak-ngatik kode gitu.😎😍
Tapi karena
tidak semua anak langsung ngeh
bagaimana cara memahami kalimat yang sudah dienkripsi tadi, jadi merekapun
diberi penjelasan.
*Oh tentu saja bukan aku yang memberi
penjelasan, saat itu aku pun masih loading kenapa tadi ada anak yang cepet
banget memecahkan kode pada kalimat tersebut, haha, aku sebagai gurunya juga belajar!😊 Jadi
yang memberi penjelasan adalah Pak Agung, kan ini Mathematics Time!
Intinya kode
yang dijelaskan oleh Pak Agung di sini ada 2 macam: kode acak (hmm, semacam
anagram gitu) dan kode geser.
Contohnya
seperti ini:
Kode acak:
COSMIC >>> MOSCIC
Kode geser (geser 3 huruf ke kanan dari urutan alfabet):
COSMIC >>> FRVPLF
Setelah
semua anak-anak menunjukkan tanda-tanda: ”Ooooo…, ngerti.”, barulah kami
membagi mereka menjadi 3 tim.
Misi
masing-masing tim adalah memecahkan kode dari tim yang lain.
Tim yang
tercepat memecahkan kode, itulah pemenangnya!
Misi yang dibuat masing-masing tim harus
memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1. Maksimal
huruf dalam 1 kalimat adalah 30
2. 1 misi
berjumlah maksimal 4 tempat (4 kalimat), jadi untuk menemukan tempat
selanjutnya harus memecahkan kode yang sebelumnya, dan begitu seterusnya sampai
tempat terakhir
3. Tidak
boleh meletakkan di benda yang selalu berpindah-pindah tempat
4. Pilih
tempat yang spesifik bukan yang umum, area yang diperbolehkan adalah dari ruang
sains, play ground, sampai kantor,
tidak termasuk selasar TOGA sampai kelas atas
5. Ini
kompetisi, tapi jangan lupa bersenang-senang!
Setelah
menyimak ketentuan, anak-anak sibuk berdiskusi dengan timnya untuk menentukan
di mana saja mereka akan menyimpan clue.
Tak terasa
waktu menunjukkan pukul 16.30, anak-anak belum selesai membuat kode, tapi kita
semua harus dan mau pulaaang, jadi di-PR-kan saja tugas membuat misinya, hehe.
🌞Pertemuan Kedua: PLAY TIME!!!
Pengennya
sih langsung Play Time yah, tapiii
anak-anak ternyata belum selesai membuat kodenya. Jadi mereka membutuhkan
kira-kira setengah jam lagi untuk menyelesaikan membuat kode dan harus lulus
pemeriksaan Pak Agung. Bisi karena buru-buru ada huruf yang terlupakan atau
kelebihan, hehe.
Tibalah
saatnya [sound: jeng jeng jeng] Play Time!!!
Anak-anak
menyebar ke berbagai penjuru, sebelum menyebar mereka diskusi dulu untuk memecahkan
kode dari kelompok lain.
Saat
pencarian kode jadi terlihat ajaib-ajaib banget tempat yang mereka pilih:
👉Di meja
bapak wakil kepala sekolah (yang terkenal bikin “jantung berdebar-debar lebih
cepat”, hehe, peace pak✌)
👉Di alat
peraga Ka’bah *tapi anak-anak menyebut Ka’bah dengan sebutan apa gitu, unik
deh…
👉Di kotak
glacio lab sains *kotak glacio = freezer😂
Aaah ternyata seru banget memperhatikan
mereka merancang, mendiskusikan, dan memecahkan kode, apalagi saat mereka
menunjukkan ekspresi bahagia campur excited
saat berhasil memecahkan kode, juga ekspresi bingung campur serius saat
berusaha menerka arti kode-kode tersebut.
Di akhir kegiatan mereka satu suara:
“KETAGIHAN mau main lagi!!!”😍😎😍
*Haha,
seru ya nak, lari-lari keliling sekolah untuk memecahkan kode😁😁😁
Bandung, Juni 2018
Miranti
Banyuning Bumi
0 Komentar