Hey Kiddos, Let’s Play Cryptography Race!


Ada yang tahu apa itu cryptography (kriptografi)?
Atau ada yang pernah membaca kata encryption/encrypted?
*Mungkin ada yang menjawab: "Pernah...pernah, di whatsapp setelah clear chat, hehe"😅

Kata cryptography ada hubungannya dengan kode-kode rahasia gitu, yang biasanya digunakan dalam dunia IT untuk mengamankan data/pesan.

Nah sesuai judulnya, kegiatan COSMIC beberapa bulan yang lalu adalah kami bermain-main dengan kriptografi😎
*Jadi sebelum cerita ini basi, makanya harus ditulis, kalo kelamaan nanti lupa detailnya seperti apa, alasan lainnya karena kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas favorit anak-anak COSMIC! Ah, jadi kangen…💙💚💛💜💗

Baca juga cerita kami yang ga kalah seru: The Story of Our Spaghetti Bridge

Hmmm... Masa sih, anak-anak SD bisa ngerti maen beginian😏
*Hey, never underestimate their capabilities😝 

Aku sendiri tahu istilah kriptografi ini dari film the Da Vinci Code dan salah satu film favoritku >> the ImitationGame *kenapa favorit? Karena selain ceritanya, juga karena pemeran utamanya: Benedict Cumberbatch 😁, tapi teteup perannya sebagai Sherlock Holmes di BBC >> the most antonishing!🌟🌟🌟


Di kedua film ini, kriptografi menjadi inti cerita yang memikat bagi siapapun yang suka dengan riddle *Bukan Riddle yang di Harry Potter ya😅. Sudah sejak zaman dulu orang-orang berusaha mengamankan pesan penting dengan simbol-simbol rahasia atau kode yang hanya diketahui oleh si pengirim dan penerima pesan.

Jadi seperti apa permainan Cryptography Race ini?
Untuk memainkan games ini kami membagi kegiatan menjadi 2 pertemuan.

🌞Pertemuan Pertama: PREPARE TIME!
Di pertemuan pertama, anak-anak diperkenalkan dengan “Apa itu kriptografi?”
Ga serta merta langsung diberi penjelasan, tapi sengaja dipancing dengan memberikan kalimat yang sudah dienkripsi.
Lalu anak-anak ditantang dengan pertanyaan: “Apa ada yang bisa memecahkan pesan yang sebenarnya dari kalimat ini?”
Kerennya, ada loh anak yang bisa memecahkan kode di kalimat itu! Yang ternyata dia emang hobi ngutak-ngatik kode gitu.😎😍

Tapi karena tidak semua anak langsung ngeh bagaimana cara memahami kalimat yang sudah dienkripsi tadi, jadi merekapun diberi penjelasan.
*Oh tentu saja bukan aku yang memberi penjelasan, saat itu aku pun masih loading kenapa tadi ada anak yang cepet banget memecahkan kode pada kalimat tersebut, haha, aku sebagai gurunya juga belajar!😊 Jadi yang memberi penjelasan adalah Pak Agung, kan ini Mathematics Time!

Intinya kode yang dijelaskan oleh Pak Agung di sini ada 2 macam: kode acak (hmm, semacam anagram gitu) dan kode geser.
Contohnya seperti ini:

Kode acak: COSMIC >>> MOSCIC
Kode geser (geser 3 huruf ke kanan dari urutan alfabet): COSMIC >>> FRVPLF
Setelah semua anak-anak menunjukkan tanda-tanda: ”Ooooo…, ngerti.”, barulah kami membagi mereka menjadi 3 tim.

Misi masing-masing tim adalah memecahkan kode dari tim yang lain.
Tim yang tercepat memecahkan kode, itulah pemenangnya!

Misi yang dibuat masing-masing tim harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1. Maksimal huruf dalam 1 kalimat adalah 30
2. 1 misi berjumlah maksimal 4 tempat (4 kalimat), jadi untuk menemukan tempat selanjutnya harus memecahkan kode yang sebelumnya, dan begitu seterusnya sampai tempat terakhir
3. Tidak boleh meletakkan di benda yang selalu berpindah-pindah tempat
4. Pilih tempat yang spesifik bukan yang umum, area yang diperbolehkan adalah dari ruang sains, play ground, sampai kantor, tidak termasuk selasar TOGA sampai kelas atas
5. Ini kompetisi, tapi jangan lupa bersenang-senang!

Setelah menyimak ketentuan, anak-anak sibuk berdiskusi dengan timnya untuk menentukan di mana saja mereka akan menyimpan clue.
Tak terasa waktu menunjukkan pukul 16.30, anak-anak belum selesai membuat kode, tapi kita semua harus dan mau pulaaang, jadi di-PR-kan saja tugas membuat misinya, hehe.

🌞Pertemuan Kedua: PLAY TIME!!!
Pengennya sih langsung Play Time yah, tapiii anak-anak ternyata belum selesai membuat kodenya. Jadi mereka membutuhkan kira-kira setengah jam lagi untuk menyelesaikan membuat kode dan harus lulus pemeriksaan Pak Agung. Bisi karena buru-buru ada huruf yang terlupakan atau kelebihan, hehe.

Tibalah saatnya [sound: jeng jeng jeng] Play Time!!!
Anak-anak menyebar ke berbagai penjuru, sebelum menyebar mereka diskusi dulu untuk memecahkan kode dari kelompok lain.

Saat pencarian kode jadi terlihat ajaib-ajaib banget tempat yang mereka pilih:
👉Di meja bapak wakil kepala sekolah (yang terkenal bikin “jantung berdebar-debar lebih cepat”, hehe, peace pak✌)
👉Di alat peraga Ka’bah *tapi anak-anak menyebut Ka’bah dengan sebutan apa gitu, unik deh…
👉Di kotak glacio lab sains *kotak glacio = freezer😂





Aaah ternyata seru banget memperhatikan mereka merancang, mendiskusikan, dan memecahkan kode, apalagi saat mereka menunjukkan ekspresi bahagia campur excited saat berhasil memecahkan kode, juga ekspresi bingung campur serius saat berusaha menerka arti kode-kode tersebut.

Di akhir kegiatan mereka satu suara: “KETAGIHAN mau main lagi!!!”😍😎😍
*Haha, seru ya nak, lari-lari keliling sekolah untuk memecahkan kode😁😁😁



Bandung, Juni 2018
Miranti Banyuning Bumi
Tags: Teacher Journal

Posting Komentar

0 Komentar

Langsung ke konten utama